Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Batalkan Peringatan Hari Habitat Dunia di Palu

Kompas.com - 29/09/2018, 22:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk membatalkan peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) yang rencananya diselenggarakan di Kota Palu pada 30 September sampai 3 Oktober 2018.

Menurut rencana semula, puncak peringatannya akan dilakukan pada 1 Oktober 2018 di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kawatuna, Kelurahan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pembatalan itu terkait dengan bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) pukul 17.02 WIB atau 18.02 Wita.

Baca juga: Minggu Sambangi Lokasi Gempa, Basuki: Ini Tanggung Jawab Saya

“Betul, dibatalkan. Sudah tidak memungkinkan lagi dilaksanakan di Kota Palu yang tertimpa bencana gempa bumi dan tsunami,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (29/9/2018) malam.

Dia mengatakan, selain membatalkan peringatan HHD dan HKD, pihaknya akan memfokuskan perhatian pada kegiatan tanggap darurat untuk membantu para korban bencana alam tersebut.

Ketika ditanya mengenai rencana memindahkan acara itu ke kota lain, Endra mengatakan belum ada rencana itu saat ini.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya akan mendata terlebih dahulu mengenai daftar kerusakan yang terjadi akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Mungkin di Palu dan Donggala kita lihat dulu, datanya belum masuk. Besok saya ke sana dan baru bisa ditetapkan,” ucap Basuki, Sabtu.

Dia menambahkan, Kementerian PUPR bersama instansi terkait akan menyiapkan berbagai sarana untuk menghadapi situasi tanggap darurat, misalnya mobile toilet, knockdown, dan tenda warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com