Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat 4 Jembatan Gantung di Temanggung dan Magelang

Kompas.com - 21/09/2018, 18:36 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah membuat sejumlah video yang menunjukkan perkembangan pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Setelah beberapa waktu lalu video soal bendungan yang menimbulkan polemik setelah diiklankan di bioskop, kini viral pula video soal pembangunan jembatan gantung di dua kabupaten di Jawa Tengah, Temanggung dan Magelang.

Video itu diunggah akun resmi Facebook Presiden Joko Widodo berjudul "Jembatan Gantung: Titian Asa untuk Desa" yang ditonton lebih dari 229.000 kali dan dibagi ulang lebih dari 5.000 kali.

Video yang diunggah pada Senin (17/9/2018) itu, menampilkan empat buah jembatan gantung yang dibangun di Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Empat jembatan gantung itu adalah Jembatan Gantung Kali Galeh, Jembatan Gantung Suropadan, Jembatan Gantung Mangunsoko, dan Jembatan Gantung Krinjing.

Seperti apa jembatan-jembatan itu?

1. Jembatan Gantung Suropadan

Jembatan ini terletak di Desa Soropadan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan panjang 90 meter dan lebar 2,5 meter.

Keberadaan Jembatan Gantung Suropadan menghubungkan Desa Suropadan di Kecamatan Pringsurat, Temanggung, ke Desa Kalikuto di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Kedua wilayah yang dipisahkan Sungai Elo.

Jembatan Gantung Suropadan telah diresmikan pada 17 Juni 2017.

Menurut keterangan warga, setelah jembatan ini bisa dilintasi, lebih menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk transportasi.

2. Jembatan Gantung Kali Galeh

Jembatan Gantung Kali Galeh, terletak di Desa Skrikil Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Sama seperti Jembatan Gantung Soropadan, Jembatan Gantung Kali Galeh yang diresmikan pada 17 Juni 2017, memiliki panjang 90 meter dan lebar 2,5 meter.

Jembatan ini menghubungkan Desa Gandurejo di Kecamatan Bulu ke Desa Kauman di Kecamatan Parakan. Kedua wilayah itu dipisahkan Sungai Galeh.

Jembatan Gantung Suropadan dan Kali Galeh bagian dari proyek pembangunan Jembatan Kali Galeh CS yang terdiri atas empat jembatan senilai Rp10,306 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com