Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlu, Cahaya Alami di Ruang Kantor

Kompas.com - 04/09/2018, 22:37 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak perkantoran kini mengubah desain ruang dengan meniru desain berbagai startup teknologi.

Desain tersebut tentu saja membuat banyak karyawan betah. Apalagi ditambah dengan berbagai fasilitas penunjang seperti tempat permainan, sofa nyaman, dan dapur yang penuh dengan camilan.

Namun survei terbaru dari Future Workplace yang berjudul The Employee Experience mengungkapkan bahawa karyawan mendambakan sesuatu yang lebih mendasar dan penting dalam kebutuhan manusia.

Dalam survei terhadap 1.614 pegawai di Amerika Utara, cahaya alami di dalam ruangan dan akses pemandangan ke luar ruangan merupakan hal yang paling diinginkan di tempat kerja.

Lebih dari sepertiga karyawan mengaku tidak mendapatkan akses ke cahaya matahari di dalam ruangan.

Sementara 47 persen karyawan mengaku merasa sangat kelelahan berada di ruang kerja tanpa cahaya alami atau jendela di kantornya. Sedangkan 47 persen lainnya merasa suram karena kurangnya cahaya.

Hasil survei ini didukung oleh penelitian dari eMarketer Mobile Research. Penelitian ini melaporkan bahwa orang dewasa Amerika berusia lebih dari 18 tahun menghabiskan waktu sekitar empat jam per hari di depan layar.

Dalam survei The Employee Experience, sebanyak 73 persen pegawai setuju bahwa semakin lama mereka menghabiskan waktu dengan perangkat selular, maka semakin mereka menginginkan istirahat dengan berjalan atau melihat ke jendela.

Ilustrasi ruang kerjaDok IKEA Business Ilustrasi ruang kerja
Penelitian oleh Alan Hedge dari Cornell University juga memperkuat hubungan antara cahaya alami dengan kesejahteraan karyawan. Optimalisasi cahaya alami secara signifikan mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Bahkan penelitian ini melaporkan kelelahan mata menurun sebesar 51 persen, sakit kepala di antara pekerja menurun sebesar 63 persen, dan kantuk menurun sebesar 56 persen.

Manfaat mendasar dari cahaya matahari terhadap kesehatan juga tercermin dari The Spheres. Kantor pusat Amazon di Seattle ini memiliki konsep unik dengan menggabungkan hutan dengan memasukkan 40.000 tanaman ke dalam ruang perkantoran.

Dengan dibukanya kantor ini, Amazon membuktikan bahwa pasokan cahaya alami dan aktivitas seperti berjalan mampu mengurangi stres pada karyawan serta meningkatkan kepuasan kerja.

Tentu saja cahaya alami bukan hanya satu-satunya aspek yang berperan dalam meningkatkan kinerja dan kesehatan karyawan. Kualitas udara yang baik juga menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com