Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual, Ruko Bersejarah Senilai Ratusan Miliar Rupiah

Kompas.com - 21/08/2018, 12:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah rumah toko (ruko) bertingkat yang menjadi bangunan konservasi di Boon Tat Street, Singapura, siap untuk dijual dengan estimasi harga 17 juta dollar AS atau sekitar Rp 247 miliar.

Ruko yang berlokasi di Area Konservasi Telok Ayer itu merupakan tempat untuk menjual makanan dan minuman, sekaligus menjadi rumah bagi restoran berbintang Michelin, Cheek by Jowl.

Situs bersejarah dengan kepemilikan sewa 99 tahun itu berdiri di atas tanah seluas 163 meter persegi. Dengan ukuran itu, sesuai harga tanah di wilayah tersebut sehingga totalnya sekitar Rp 247 miliar, seperti yang disebutkan di atas.

Bangunan ini bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki dari Stasiun MRT Telok Ayer dan Raffles Place di daerah pusat bisnis serta bisa diakses melalui Marina Coastal dan Central Expressways.

Menurut Direktur Asosiasi Pasar Modal di agen pemasaran JLL, Clemence Lee, properti ini merupakan aset yang lokasinya bagus dan berpotensi mendapatkan penghasilan besar dengan menyewakannya.

"Selain itu, ruko untuk tempat makan yang terdiri dari dua lantai jarang ditemui karena pihak berwenang semakin selektif untuk memberikan izin usaha seperti itu," ujar Clemence Lee, seperti diberitakan Straitstimes, Selasa (21/8/2018).

Dari data yang ada, transaksi untuk ruko di Area Konservasi Telok Ayer antara lain di 77 Amoy Street, yang dijual seharga Rp 364 miliar pada Maret lalu.

Kemudian, di 75 Amoy Street, dijual pula tanah seharga Rp 262 miliar pada Februari tahun ini.

Sesuai aturan di sana, orang asing pun diperbolehkan untuk membeli properti di 21 Boon Tat Street karena berada di lahan yang dikategorikan untuk penggunaan komersial. Tidak perlu ada izin khusus bagi pembeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com