Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berminat Pasang Tegel? Ini Kisaran Harganya...

Kompas.com - 08/08/2018, 17:27 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tegel kini tak hanya ditemukan di rumah dengan arsitektur lama, namun juga di berbagai bangunan modern. Bahkan tegel semen kini bisa digunakan di semua tipe rumah.

Sebelum teknologi pembakaran keramik ditemukan, rumah di daerah tropis mengunakan tegel karena memberi efek dingin pada ruangan. Ini karena sebagian besar tegel tidak berglasir sehingga pori-pori permukaannya tidak tertutup.

Kini meskipun ubin keramik dan bahan pelapis lantai lainnya populer, pesona tegel masih belum pudar. Bahkan tegel mulai kembali diminati.

Baca juga: Mengenal Tegel yang Kembali Naik Daun

“Sejauh ini kalau melihat dari trennya, penggunaan tegel motif ini semakin marak, semakin berkembang dalam 10 tahun ini,” ujar Mega Puspa Ariefin Karang, pemilik Tegel Kunci kepada Kompas.com, Rabu (8/8/2018).

Untuk tegel semen, harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari ukuran dan kepekatan warna. Tegel memiliki berbagai ukuran, di antaranya, 15 x 15 sentimeter, 20 x 20 sentimeter, dan 30 x30 sentimeter.

Kompas.com mencoba mencari tahu gambaran harga tegel semen dari dua produsen, yaitu Tegel Panjen dan Tegel Kunci, yang berlokasi di Yoogyakarta.

Sebelum teknologi pembakaran keramik ditemukan, rumah di daerah tropis mengunakan tegel karena memberi efek dingin pada ruangan.Tegel Kunci Sebelum teknologi pembakaran keramik ditemukan, rumah di daerah tropis mengunakan tegel karena memberi efek dingin pada ruangan.
Berikut kisaran harga tegel untuk ukuran 20 x 20 sentimeter.

Di Tegel Panjen, tegel motif warna muda atau soft dihargai Rp 235.000 per meter persegi . Warna sedang atau medium Rp 280.000 per meter persegi, dan tegel dengan warna paling pekat atau dark dijual dengan harga Rp 320.000 per meter persegi.

Sedangkan tegel polos warna muda atau soft dihargai Rp 160.000 per meter persegi. Untuk ukuran sedang, Rp 175.000 per meter persegi, dan warna dark Rp 195.000 per meter pesegi.

Selaras dengan Tegel Panjen, produsen Tegel Kunci juga menetapkan harga berdasarkan kepekatan warnanya. Kepekatan warna ini dibagi menjadi empat tingkatan yang dijadikan acuan, yaitu STD, KH-1, KH-2, dan KH-3.

“Kelompok STD memiliki kepekatan warna paling rendah, sedangkan kelompok warna KH atau khusus merupakan kelompok warna yang lebih pekat sesuai dengan tingkatan warnanya,” ujar Mega.

Tegel tanpa motif alias polos berukuran 20 x 20 sentimeter dengan kepekatan warna rendah (STD), dihargai Rp 170.000 per meter persegi.

Dengan ukuran yang sama, tegel polos dengan kepekatan warna KH-1 dihargai Rp 185.000 per meter persegi, KH-2 dihargai Rp 200.000, dan KH-3 dihargai Rp 215.000 per meter persegi.

Sementara untuk tegel dengan motif harganya lebih mahal. Tegel berukuran sama yang memiliki tingkat kepekatan paling rendah dihargai Rp 245.000.

Tegel dengan kepekatan KH-1 Rp 280.000, KH-2 Rp 320.000, dan tegel bermotif dengan kepekatan paling tinggi (KH-3) Rp 365.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com