Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.000 Liter Cat Dihabiskan untuk Mewarnai Jembatan Layang Kemayoran

Kompas.com - 03/08/2018, 18:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAs.com - Ada yang berbeda dari tampilan Jalan Layang Kemayoran, di Jakarta Pusat. Jika sebelumnya berwarna abu-abu beton, kini lebih meriah bak pelangi selepas hujan.

Warna-warni Jembatan Layang Kemayoran ini merupakan bagian dari upaya swasta berkontribusi dalam menyukseskan Asian Games 2018 mendatang.

Adalah Kansai Paints berinisiasi mempercantik infrastruktur tersebut dengan sentuhan warna Asian Games bertema Energy of Asia.

Mereka bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Kompleks (PPK) Kemayoran sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dari Kementerian Sekretarian Negara. 

Tak kurang dari 4.000 liter cat jenis AP Enamel dihabiskan untuk menyulap 5.000 meter persegi bidang pada Jembatan Layang Kemayoran yang berada di Jl Benyamin Suaeb ini menjadi lebih meriah.

Untuk diketahui cat jenis AP Enamel ini berbahan akrilik sepenuhnya yang diklaim tahan terhadap pergantian cuaca, paparan air, dan alkali.

Tampilan baru Jembatan Layang Kemayoran menyambut Asian Games 2018.Dokumentasi Kansai Paints Tampilan baru Jembatan Layang Kemayoran menyambut Asian Games 2018.
Kansai Paints Sales and Marketing Decorative and Project Division Generam Manager Alan Orchard mengatakan, memberikan sentuhan warna pada bidang yang dilintasi para atlet sebagai upaya memeriahkan perhelatan olahraga terakbar se-Asia.

"Selain itu, kami percaya, warna tak sekadar dapat meningkatkan estetika sebuah ruangan, juga memengaruhi kondisi psikologis, termasuk masyarakat yang melihatnya," ujar Alan dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (3/7/2018).

Hal tersebut, aku Alan, sejalan dengan sejumlah studi yang menyatakan bahwa warna dapak membawa dampak positif.

Warna biru dipercaya dapat memberikan ketenangan serta keteduan. Warna hijau memberikan efek menenangkan, warna kuning menstimulasi pikiran dan intelektualitas, dan warna merah dipercaya dapat meningkatkan performa saat bertanding.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PPK Kemayoran Riski Renando menyambut baik inisiasi Kansai Paints.

"Kami berharap hal ini dapat mengantarkan semangat energizing asia, lebih dekat dengan para atlet. Lebih dari itu, warna-warni tersebut juga merepresentasikan kehangatan dan kebersamaan masyarakat menyambut Asian Games," tutur Riski.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com