Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasional, China Punya Air Terjun Buatan Terbesar di Dunia

Kompas.com - 27/07/2018, 12:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Tak kalah dengan Uni Emirat Arab dengan Dubai sebagai motor pencipta hal-hal kontroversial dan sensasional, China melakukan yang serupa. Adalah provinsi Guizhou di barat daya negeri Tirai Bambu ini, yang membangun air terjun buatan terbesar di dunia.

Air terjun dengan ketinggian 108 meter ini mengalir ke gedung pencakar langit di tengah kota Guiyang. Guizhou merupakan salah satu provinsi dengan pertumbuhan tercepat di China.

Gedung bernama Liebian International Plaza ini salah satu pencakar langit yang memiliki tinggi 121 meter. Di dalamnya terdapat kompleks hotel, pusat perbelanjaan, dan juga perkantoran.

Namun pertunjukan air terjun buatan ini tidak dapat dinikmati setiap saat. Ini karena atraksi air terjun hanya diperlihatkan pada saat-saat tertentu saja.

Air yang mengalir berasal dari tanki besar yang berada di dalam tanah. Tanki ini bertugas untuk menyerap dan menyimpan air hujan, sehingga air yang digunakan merupakan air daur ulang.

Jika ingin mengaktifkan air terjun, maka diperlukan waktu dua jam lamanya untuk persiapan. Air terjun ini juga membutuhkan empat buah pompa air  berdaya 185 kilowatt.

Bahkan satu jam pertunjukan air terjun menghabiskan dana tagihan sebesar 118 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta.

Bahkan satu jam pertunjukan air terjun menghabiskan dana tagihan sebesar 118 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta Bahkan satu jam pertunjukan air terjun menghabiskan dana tagihan sebesar 118 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta
Kondisi ini sempat menjadi perdebatan di kalangan masyarakat lokal, meski manajer gedung endiri telah mengatakan bahwa air terjun ini hanya dinyalakan pada acara khusus saja.

Meski atraksi ini mendapat banyak protes dan menjadi kontroversi, namun air terjun buatan ini tetap menjadi salah satu daya tarik pariwisata sekaligus simbol bagi kota Guiyang.

Selain rumah bagi air terjun buatan terbesar, Provinsi Guizhou juga rumah bagi jembatan tertinggi radio teleskop terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com