Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Jakarta-Cikampek Ditutup 17 Juli Pukul 21.00

Kompas.com - 16/07/2018, 20:30 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated akan menutup tiga lajur di Tol Jakarta-Cikampek, baik yang ke arah Cikampek maupun ke Jakarta, mulai Selasa (17/7/2018) malam.

Penutupan itu berlaku untuk lajur 2, 3, dan 4 ke arah Cikampek serta lajur 2, 3, dan 4 ke arah Jakarta mulai Selasa pukul 21.00 WIB hingga Rabu (18/7/2018) pukul 05.00 WIB.

Hal itu dilakukan karena akan dilakukan commissioning atau pengujian untuk memastikan tersambungnya steel box girder dengan launcher gantry dengan baik.

“Maksud dari pelaksanaan commissioning adalah pengujian operasional suatu pekerjaan secara nyata maupun secara simulasi,” kata Pemimpin Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Iwan Dewantoro melalui keterangan tertulis, Senin (16/7/2018).

Pengujian itu untuk memastikan bahwa pekerjaan proyek tersebut telah dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku, serta regulasi, kode, dan sesuai standar yang telah ditetapkan.

Selain itu juga demi keamanan dan keselamatan kerja para pekerja proyek serta lalu lintas para pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“PT JJC mohon maaf jika terdapat hambatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk tiga arah di sekitar Bekasi Barat sampai Tambun, dan arah sebaliknya selama kegiatan berlangsung,” ujar Iwan.

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan agar mengantisipasinya dengan menggunakan jalur alternatif apabila terjadi kemacetan di ruas tol tersebut.

Jika sudah berada di dalam Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan tol yang menuju Cikampek bisa menggunakan jalur alternatif keluar ke jalan arteri melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat, kemudian masuk kembali ke Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cibitung.

Hal itu juga berlaku untuk arah yang sebaliknya.

Adapun rencana keseluruhan pelaksanaan erection steel box girder dengan launching gantry tersebut dijadwalkan di tiga lokasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yaitu dari Bekasi Barat ke Bekasi Timur, Bekasi Timur ke Tambun, dan Cikarang Barat ke Km 39 pada Agustus mendatang.

Secara keseluruhan, pekerjaan teknis tersebut dijadwalkan selesai pada akhir Desember tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com