Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Irigasi Sawah Laweh Tarusan Dibagi Tiga Tahap

Kompas.com - 07/07/2018, 22:57 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pembangunan terus dilakukan dalam meningkatkan produktivitas lahan pertanian di Indonesia. Langkah ini merupakan perwujudan Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam mencapai ketahanan pangan dan air nasional.

Salah satunya adalah pembangunan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Sawah Laweh Tarusan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pembangunan ini dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Ditjen Sumber Daya Air adalah Daerah Irigasi (DI) Sawah Laweh Tarusan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

“Kami harapkan pembangunan DI Sawah Laweh Tarusan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Provinsi Sumatera Barat untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan resmi kepada Kompas.com, Sabtu (7/7/2018)

Pembangunan ini diyakini akan meningkatkan kontinuitas suplai air pada areal sawah yang sudah ada seluas 2.023 hektar, yang semula merupakan sawah tadah hujan.

Selain mengoptimalkan lahan yang sudah ada, pembangunan irigasi akan menambah luasan area potensial yang bisa dikembangkan menjadi seluas 1.250 hektar.

Sebelumnya, areal pertanian ini dibangun dengan sistem pompa pada tahun 1982.

Namun karena tingginya biaya operasional, petani memilih untuk tidak menggunakannya lagi dan hanya mengandalkan air hujan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Daerah Iriasi (DI) Sawah Laweh TarusanKementerian PU PR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Daerah Iriasi (DI) Sawah Laweh Tarusan
Pembangunan Bertahap

Pembangunan irigasi ini dilaksanakan dengan memanfaatkan debit Sungai Batang Tarusan. Hal ini dimungkinkan karena wilayah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan daerah perbukitan, yang dialiri 18 sungai.

Debit rata-rata yang dapat dihasilkan adalah sebesar 9,12 meter kubik per detik.

Kepala BWS Sumatera V Maryadi Utama mengatakan, ada 10 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan akan menerima manfaat dari keberadaan jaringan irigasi Sawah Laweh Tarusan.

Kesepuluh kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan, dan Kecamatan Lunang Silaut.

Pembangunan akan dilaksanakan dalam tiga tahap dan ditargetkan rampung pada bulan Desember 2018.

Tahap pertama akan dilakukan pembangunan Bendung dan Bangunan Pelengkap dengan kontrak tahun jamak tahun 2013 hingga Februari 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com