Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Rumah di Jepang Ini Bisa Berputar 360 Derajat

Kompas.com - 04/07/2018, 16:58 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menempati kembali rumah tua yang telah ditinggal penghuninya mungkin merupakan suatu pekerjaan besar. Betapa tidak, rumah yang sudah kosong selama bertahun-tahun pasti menyisakan banyak kerusakan.

Renovasi besar pasti dibutuhkan apalagi dengan rumah yang tak pernah sekalipun dipakai.
Salah satu rumah tua di Utara Jepang direnovasi dengan cara yang unik. 

Rumah yang dinamakan The Revolving House of T, merupakan salah satu proyek karya Mochida Atsuko.

Tempat ini pada dasarnya adalah sebuah rumah kayu lawas yang direkonstruksi kembali sehingga layak untuk ditempati.

Rumah ini juga tempat kelahiran ibunya yang telah terbengkalai selama sekitar satu dekade dan telah direkonstruksi secara besar-besaran.

Uniknya Mochida Atsuko menambahkan struktur lingkaran di dalam rumah yang dapat berputar 360 derajat.

Berlokasi di area kota Mito, Prefektur Ibaraki, rumah ini masih mempertahankan bentuk hunian tradisional Jepang. Beberapa bagian ruangan di dalamnya dapat berpindah sesuai selera.

Struktur lingkaran berputar dalam rumah ini menyediakan banyak ruang bagi sebuah keluarga dan anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.

Rumah unik Mochida Atsuko yang dibuat dengan menambahkan struktur lingkaran. Struktur ini dapat berpuptar 360 derajat. ryuichi taniura Rumah unik Mochida Atsuko yang dibuat dengan menambahkan struktur lingkaran. Struktur ini dapat berpuptar 360 derajat.
Struktur berputar ini berdiamater lima meter. Pada bagian atasnya ditempatkan beberapa bagian ruangan yang terhubung, seperti dinding pemisah ruang depan dan tengah, yang separuhnya berada di atas struktur ini.

Beberapa dinding pemisah itu dibuat dari bahan kayu sehingga lebih ringan saat struktur lingkarannya diputar.

Ide awal rumah ini adalah untuk mendefinisikan kembali penempatan antara ruang pubik dan pribadi, yang akhirnya menempatkan pengunjung rumah di tempat performatif.

Hebatnya, struktur lingkaran ini tidak menggunakan satu pun barang elektronik. Atsuko bekerja sama dengan perajin kayu lokal untuk merealisasikan komponen putar tanpa harus menggunakan tenaga listrik.

Atsuko Mochida menghabiskan waktu lebih dari satu tahun lamanya untuk membuat gagasan rumah ini.

Bagi Anda yang tertarik, dapat berkunjung ke tempat ini. Namun proyek ini hanya dibuka dalam waktu-waktu tertentu, dan harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com