Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kuasai Daftar 10 Besar Kontraktor Dunia

Kompas.com - 02/07/2018, 12:24 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - China menguasai panggung global sektor konstruksi. Tak tanggung-tanggung, berdasarkan revenue atau pendapatan, perusahaan-perusahaan konstruksi Negeri Tirai Bambu ini menempati 7 posisi sekaligus dalam 10 peringkat kontraktor terbesar dunia.

Bahkan, mengutip Global Construction dalam laporan keuangan 2017, peringkat satu hingga lima diborong sekaligus oleh kontraktor China.

Hebatnya, beberapa di antaranya baru berusia 11 tahun dan menempati posisi puncak.

Baca juga: Kontraktor China Memulai Pembangunan Gedung Tertinggi di Afrika

Berikut daftar lengkap 10 besar kontraktor dunia:

1. China State Construction Engineering Corporation Ltd (CSCEC)

Perusahaan ini mencetak pendapatan 160 miliar dollar AS. Padahal, usia kontraktor ini terbilang belia. Didirikan pada 2007, saat ini telah memiliki 255.880 karyawan.

CSCEC berbasis di Beijing dan dinakhodai oleh Qing Guan. Bisnis inti CSCEC menyangkut konstruksi bangunan, konstruksi dan investasi infrastruktur, pengembangan properti dan investasi, energi, survei dan desain dan utilitas kota.

Proyek terbesarnya antara lain Shuin Hing Square di Shenzen, Masjid Agung di Aljazair, dan renovasi Alexander Hamilton Bridge, di New York.

2. China Railway Group Ltd

Kontraktor ini membukukan pendapatan 102.32 miliar dollar AS. Selain sektor konstruksi, perusahaan ini juga bergerak di bidang pembangunan infrastruktur, survei, desain, konsultasi, peralatan manufaktur, dan pengembangan properti.

Serupa dengan CSCEC, China Railway Group didirikan pada 2007 dan saat ini mempekerjakan 282.090 orang. Kantor pusatnya di Beijing dan dipimpin oleh Li Changjin.

Tercatat beberapa proyek monumental yang dikerjakan antara lain Jalan Fez-Oujda di Maroko  dan Jembatan Teluk Hangzhou di pantai timur China.

3. China Railway Construction Corporation Ltd

Selama 2017 perusahaan ini menghasilkan 99,41 miliar dollar AS. Berpusat di Beijing, China Railway Construction Corporation membangun jalur kereta api, jalan raya, jalur perkotaan, pemeliharaan air, pembangkit listrik tenaga air, bangunan, jembatan, terowongan, dan pelabuhan laut.

Perusahaan ini juga berdiri pada 2007 dan dipimpin Meng Fengchao. Saat ini mempekerjakan 258.460 orang. Tak hanya di China, mereka unjuk gigi untuk proyek-proyek strategis mancanegara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com