Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iptu Kuswari, Polisi yang Selamatkan Wanita Bersalin di Rest Area

Kompas.com - 11/06/2018, 17:49 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik selalu memiliki cerita menarik. Baik bagi mereka yang melakukan perjalanan maupun mereka yang bertugas menjaga kelancaran arus mudik.

Seperti cerita Iptu Kuswari yang menyelamatkan seorang wanita dalam proses melahirkan di rest area KM 88 Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), Senin (11/6/2018) dini hari.

Anggota Polres Purwakarta tersebut saat itu tengah bertugas menjaga keamana rest area KM 88. Ia kemudian mendapati Fitri Wulandari, telah melahirkan di rest area, mana kala mobil Kijang dengan Nomor Polisi B 1978 GM yang ditumpanginya istirahat di tempat peristirahatan tersebut.

"Ketika beristirahat di rest area pada pukul 03.30 WIB, Fitri sudah melahirkan seorang bayi perempuan di sebuah mobil. Iptu Kuswari yang kebetulan tengah siaga di rest area KM 88 ruas Purbaleunyi segera membantu ibu yang baru saja melahirkan tersebut," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis.

Dengan sigap, Kuswari kemudian berkoordinasi dengan petugas keamanan dari Jasa Marga untuk membawa bayi yang baru lahir itu ke RS Bayu Asih Purwakarta, agar segera mendapatkan penanganan pertama.

"Sekaligus memastikan keselamatan ibu dan anak," kata Heru.

Ia menambahkan, dalam mengawal kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2018, petugas tak hanya bertugas untuk melakukan hal-hal teknis, seperti mengurai kemacetan dan memberikan informasi kepadatan arus lalu lintas kepada para pemudik.

Petugas juga berperan penting dalam memberikan pertolongan sosial terutama bila terjadi kondisi luar biasa, seperti yang dialami Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com