Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kendaraan Mogok Saat Lintasi Tol Salatiga-Kartasura

Kompas.com - 10/06/2018, 13:05 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibukanya Jalan Tol Salatiga-Kartasura secara fungsional atau sementara pada musim Lebaran kali ini, membuat sejumlah masyarakat penasaran.

PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) mencatat, tak kurang dari 4.200 kendaraan melintas pada hari pertama pembukaan, Jumat (8/6/2018). Sementara kemarin, Sabtu (9/6/2018), jumlah pengendara yang melewati mencapai 5.780 kendaraan.

Meski relatif aman, Diektur Utama PT JSN David Wijayatno mengingatkan masyarakat tetap berhati-hati terutama saat melintasi Jembatan Kali Kenteng.

Baca juga: Temuan Perjalanan Mudik Tim Merapah Trans-Jawa

Di sekitar lokasi tersebut, terpantau sempat terjadi antrean sepanjang 1 kilometer pada Sabtu lantaran pengguna jalan menyesuaikan kecepatan saat menuruni dan mendaki jalur elevasi yang mencapai 7,24 derajat.

Sekadar informasi, lantaran dibuka fungsional, pengguna jalan tol melewati bagian bawah jembatan melalui jalur yang dilapisi perkerasan lean concrete.

"Selama dua hari beroperasi tercatat 10 kendaraan mengalami mogok," kata David dalam keterangan tertulis, Minggu (10/6/2018).

Jalur fungsional di Jembatan Kali Kenteng ini memiliki panjang 600 meter. Di sepanjang jalur ini telah dilengkapi pagar pengaman, tolo-tolo dan moveable concrete barrier (MCB) yang membantu masyarakat melintas dengan aman.

Selain itu, PT JSN juga menyiagakan kendaraan derek di lokasi bila terjadi hal darurat.

David mengimbau, agar masyarakat yang ingin melewati jalur ini harus dapat memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Hal ini untuk menghindari terjadinya mogok saat melintasi jalur ini.

"Di GT Salatiga yg menuju Jalan Tol Fungsional Salatiga-Kartasura, PT JSN juga melakukan filterisasi terhadap kendaraan yang masuk. Pick up dan kendaraan tua yang sarat muatan diminta berputar dan keluar di Tingkir," tuntas David.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com