Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik 2018, Tol Malang-Pandaan Seksi 1 dan 3 Dibuka Sementara

Kompas.com - 02/06/2018, 16:53 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com –  PT Jasa Marga Pandaan-Malang selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus menyelesaikan pembangunan ruas tol Malang-Pandaan.

Menurut rencana, jalan yang nantinya memiliki panjang total 38 kilometer itu akan dibuka secara fungsional sepanjang 16 kilometer kepada masyarakat, termasuk para pemudik, menjelang Lebaran tahun ini.

Baca juga: Ini Layanan yang Disediakan Jasa Marga di Sejumlah Ruas Tol

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, tol Malang-Pandaan yang berlaku fungsional adalah ruas Pandaan-Sukorejo sepanjang 5 kilometer berupa jalan beton (rigid pavement).

Jalan itu merupakan bagian dari Seksi 1 Pandaan-Purwodadi dengan panjang total 15 km.

“Kemudian, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km yang dilengkapi akses keluar sepanjang 4 km menuju Karanglo dengan kondisi rigid sepanjang 5 km dan sisanya 6 km berupa lapisan lean concrete,” ujar Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis seusai meninjau perkembangan pembangunan ruas tol Malang-Pandaan, Jumat (1/6/2018).

Adapun tiga seksi lainnya, yakni Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km, belum bisa dilintasi pada Lebaran tahun ini.

Ruas tol Malang-Pandaan akan dibuka secara fungsional sepanjang 16 kilometer kepada masyarakat, termasuk para pemudik menjelang Lebaran 2018.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Ruas tol Malang-Pandaan akan dibuka secara fungsional sepanjang 16 kilometer kepada masyarakat, termasuk para pemudik menjelang Lebaran 2018.
Secara keseluruhan, perkembangan konstruksinya sudah mencapai 54 persen, sedangkan pengadaan lahannya 84 persen.

Sebagian besar lahan yang belum dibebaskan berada di Seksi 4 dan 5 yang melewati kawasan padat penduduk di perkotaan Malang. 

“Pada September 2019, Seksi 1, 2, dan 3 akan selesai dan siap diresmikan. Untuk Seksi 4 dan 5 ditargetkan pada 2019 rampung,” ucap Basuki.

Untuk diketahui, investasi yang dikucurkan PT Jasa Marga Pandaan-Malang untuk mengerjakan ruas tol Malang-Pandaan lebih kurang Rp 5,9 triliun.  Sementara itu, konstruksi yang dikerjakan oleh PT PP bernilai sekitar Rp 3,7 triliun.

Nantinya pekerjaan konstruksi akan dihentikan pada H-10 Lebaran tahun ini. Adapun puncak kepadatan lalu lintas diprediksi pada H+1 sampai H+5 Lebaran karena Kota Malang dan Kota Batu memiliki sejumlah obyek wisata yang ramai dikunjungi pada musim liburan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com