Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Kendal Fokus Mengurai Macet di Akses Tol Weleri dan Sumberjo

Kompas.com - 30/05/2018, 22:11 WIB
Slamet Priyatin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Polres Kendal Jawa Tengah telah mempersiapkan strategi untuk mencegah kemacetan panjang di Jalan Raya Weleri dan Sumberjo, Kaliwungu, pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2018.

Menurut Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, di Weleri akan ada pintu masuk jalan tol, karena jembatan Kalikuto belum selesai.

Pemudik yang lewat jalan tol dari arah Batang akan diarahkan keluar dari Grinsing untuk kemudian lewat Pantura, dan masuk kembali lewat Simpang Susun Weleri.

Baca juga: Skenario Korlantas Atasi Macet Mudik Tahun Ini

“Batas jalan di depan pintu masuk Simpang Susun Weleri sudah dibongkar. Ini untuk memudahkan mobil yang mau masuk ke tol,” kata Adiwijaya kepada Kompas.com, Rabu (30/5/2018).

Adiwijaya menambahkan di pintu masuk tol Simpang Susun Weleri tersebut, akan ada Pos Pengamanan.

“Kami juga menyiapkan tim pengurai kemacetan di daerah itu,” sambung dia.

Selain Weleri, Polres Kendal juga mengantisipasi kemacetan yang ada di Sumberjo Kaliwungu. Jika jalan tol ke arah Krapyak Semarang padat, sebagian kendaraan akan dikeluarkan lewat exit toll Sumberjo Kaliwungu.

“Dari pintu keluar Sumberjo, kami belokkan ke kiri dan memutar masuk terowongan jalan lingkar Kaliwungu. Sebab bila kami sebrangkan, selain membongkar marka jalan, akan terjadi pertemuan arus lalu lintas dari arah barat,” jelas Adiwijaya.

Dia mengaku dalam waktu dekat akan meninjau Jalan Tol Batang-Semarang yang ada di Kendal, mulai daerah Weleri hingga Kaliwungu.

“Yang jelas, dari informasi yang kami dapat, Jembatan Kalikuto yang ada di Tol Batang-Semarang, baru bisa dilewati H-2,” ucap Adiwijaya.

Baca juga: Pulang ke Yogyakarta, Disambut 56 Pantai Cantik di Sepanjang Pansela

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno menimpali selain melewati jalan tol, banyak pemudik yang akan menggunakan jalur pantai utara Jawa (Pantura).

Supaya tidak melewati Jalan Raya Weleri, pihaknya mengimbau pemudik supaya melintasi Jalan Lingkar Weleri.

“Di Weleri ada pasar tumpah. Kalau lewat kota, akan macet,” ujarnya.

Selain itu, Edy juga meminta kepada Dinas Bina Marga Kendal untuk membuka jalan tembus Tentara Pelajar pada H-5. Jalan ini merupakan jalur alternatif untuk menghindari kepadatan di Jalan Raya Kendal.

Akbar Bhayu Tamtomo PANSELA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com