Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siagakan Mobil Patroli Tiap 5 KM Tol Fungsional

Kompas.com - 26/05/2018, 15:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Polda Jawa Tengah menyiagakan satu mobil patroli di tiap 5 kilometer di ruas jalan tol fungsional yang akan dibuka untuk mudik tahun 2028 ini. Mobil patroli nantinya diisi oleh unsur gabungan brimob, dan lalu lintas.

“Tiap 5 kilometer ada mobil patroli gabungan dari brimob dan lalu lintas, termasuk penerangan akan digelar di situ,” ujar Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, kepada Kompas.com, Sabtu (26/5/2018).

Baca juga: Hari Ini, Menteri Basuki Tinjau Jalur Mudik

Dijelaskan Condro, mobil patroli di tiap 5 km di ruas tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang merupakan bentuk dukungan kepolisian untuk pengamanan mudik. Mobil patroli memanfaatkan kendaraan dinas dari polres setempat.

“Jadi nanti pakai mobilitas dari polres masuk di situ, lalu rest area juga ada. Antar rest area juga nanti dibantu lampu sar milik polri,” kata Condro. 

Polda Jateng, kata dia, menerjunkan sekitar 21.000 personelnya. Mereka tersebar di berbagai ruas jalan tol, jalan pantai utara, dan jalan pantai selatan.

“Semua unsur Polri membantu. Di 1 rest area ada sekitar 10 orang,” sambung Condro.

Sejauh ini, persiapan untuk menghadapi mudik sudah baik. Pemangku kebijakan baik pemerintah daerah, Polri, TNI dan stake holder lain telah siap.

“Jalan tol itu pasti jadi perhatian, mulai dari Pejagan sampai arah Sragen. Beberapa operasional itu sudah sempurna penerangannya, tapi dari Pemalang-Semarang itu fungsional ada beberapa kekurangan,” tuntas Condro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com