Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balai TN Komodo Bangun Sistem Penyediaan Air Minum

Kompas.com - 23/05/2018, 19:30 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional (TN) Komodo membangun sistem penyediaan air minum (SPAM) di kawasan wisata Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Balai TN Komodo Budi Kurniawan mengatakan, untuk pembangunan SPAM itu, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut Budi, proses pembangunan SPAM masih menunggu lelang. Sementara untuk lokasi pembangunannya direncanakan di Loh Buaya Pulau Rinca dan Loh Liang Pulau Komodo.

Baca juga: Gubernur NTT Prihatin Bendungan Lambo Tak Kunjung Dibangun

"Pembangunan SPAM bertujuan meningkatkan kualitas dan keberlanjutan bagi kebutuhan wisatawan terutama yang datang ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca," kata Budi kepada Kompas.com, Rabu (23/5/2018).

Budi menyebut, pada dua lokasi tersebut akan dibangun jaringan air dan reservoir menggunakan anggaran dari Kementerian PUPR.

Proses pembuatan SPAM ini direncanakan berlangsung selama enam bulan, mulai Juni hingga Desember 2018 mendatang.

"Ketersediaan air bersih tentu menjadi kebutuhan yang penting dan utama bagi wisatawan yang setiap saat terus meningkat di kawasan wisata Pulau Komodo ini," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com