Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Asian Games, 100.000 Petugas hingga Mesin Pendeteksi Wajah

Kompas.com - 15/05/2018, 20:56 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamanan maksimum disiapkan pemerintah dalam menghadapi Asian Games 2018. Tak hanya dari sisi personel keamanan saja, tetapi juga venue pertandingan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, aksi teror yang dilancarkan kelompok teroris beberapa waktu terakhir, kemungkinan akan berdampak terhadap perhelatan kegiatan olahraga terbesar kedua setelah olimpiade ini.

"Karena orang asing itu sama seperti kita," kata Kalla di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Baca juga: H-95 Asian Games, Wapres Pastikan Semua Venue Selesai Juni

Aksi teror di Pakistan, ia mencontohkan, meski terjadi di ujung negara tersebut dan bukan di ibu kotanya, Islamabad, tapi banyak orang takut untuk pergi ke sana.

"Sama dengan ini, Asian Games di Jakarta-Palembang, (aksi teror terjadi) di Depok, di Surabaya, tapi kadang-kadang orang asing tidak tahu membedakannya itu," tutur Kalla.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika ditemui di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (8/5/2018).KOMPAS.com/ MOH NADLIR Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika ditemui di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (8/5/2018).
Namun, politisi senior Partai Golkar itu meyakinkan, Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 itu berlangsung aman.

Aparat keamanan, mulai dari kepolisian, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) akan memastikan perhelatan yang diikuti sekitar 15.000 atlet dan ofisial ini berlangsung kondusif.

"Polisi menyiapkan 100.000 pasukan bersama TNI. Jauh lebih banyak (personel) keamanan dari pada atlet. Lima kali lipat. Baik keseluruhan maupun personal dijaga, untuk cegah Jakarta ada terorisme," beber Kalla, Minggu (13/5/2018).

Asisten Operasi Kapolri Irjen Deden Juhara mengatakan, Polri akan menggelar Operasi Among Raga 2018 selama 16 hari pelaksanaan Asian Games.

Meski Asian Games hanya dilakukan di tiga provinsi, yaitu Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Barat, namun untuk operasi ini akan melibatkan 18 kepolisian daerah.

Hal itu dilakukan karena adanya pawai obor yang dimulai 15 Juli hingga 18 Agustus atau saat perhelatan tersebut dibuka.

"Nantinya operasi tersebut akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, didukung kegiatan intelijen dan penegakkan hukum," kata Deden.

Suasana tribun penonton saat menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1). Pertandingan tersebut menandai peresmian renovasi SUGBK yang dipersiapkan untuk menyambut Asian Games XVIII Agustus mendatang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18.PUSPA PERWITASARI Suasana tribun penonton saat menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1). Pertandingan tersebut menandai peresmian renovasi SUGBK yang dipersiapkan untuk menyambut Asian Games XVIII Agustus mendatang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18.
Pengamanan venue

Sementara itu, salah satu venue pertandingan yang akan memiliki pengamanan super ketat yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK).

Hal ini cukup mahfum karena stadion berkapasitas 76.000 penonton ini menjadi lokasi upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com