Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Berharap Waktu Tempuh dari Wisma Atlet ke Senayan 34 Menit

Kompas.com - 15/05/2018, 15:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap waktu tempuh dari Wisma Atlet Kemayoran ke venue di Gelora Bung Karno (GBK) Senyan dapat dipangkas signifikan.

Untuk itu diperlukan peran serta kepolisian dan Kementerian Perhubungan agar waktu tempuh dapat dikurangi.

Sesuai dengan aturan organizing committee Asian Games 2018, waktu tempuh yang seharusnya dicapai atlet dari tempat tinggal sementara mereka ke lokasi yaitu 30 menit.

Baca juga: H-95 Asian Games, Wapres Pastikan Semua Venue Selesai Juni

Namun, ketika ia mencoba mencari tahu dengan aplikasi Waze pada hari ini, Selasa (15/5/2018), waktu tempuh yang dibutuhkan dari Kemayoran ke Senayan mencapai 43 menit.

"Jaraknya 13 kilometer. Dengan kemacetan pagi ini, dibutuhkan waktu 43 menit kalau tanpa upaya. Maka mohon Pak Polisi, Anda mengurangi 10 menit dari waktu normal, sehingga dibutuhkan traffic management yang baik dari 43 menit menjadi 34 menit," kata Kalla di Jakarta, Selasa pagi.

Kalla khawatir, bila waktu tempuh tidak bisa ditekan secara maksimal, maka akan mengganggu jalannya pertandingan.

Seperti diketahui, ajang Asian Games ini mempertandingkan 663 pertandingan di 40 cabang olahraga.

Tak kurang dari 15.000 atlet dan official serta pendukung dari berbagai negara akan melakukan perjalanan komuter setiap harinya, selama 14 hari.

Memang, tidak semua pertandingan digelar di GBK Senayan. Ada pula pertandingan yang dilangsungkan di Palembang, Sumatera Selatan, serta beberapa venue di Rawamangun dan di Bekasi.

"Bagaimana mentransportasikan 15.000 orang per hari dengan tidak terlambat, tepat waktu. Tapi saya yakin, ini bisa tercapai," kata Wapres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com