Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AKI Group Raih Penghargaan Berkat Rumah Bersolar Panel

Kompas.com - 29/04/2018, 21:02 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Anugerah Kasih Investama (AKI) Group Indonesia menerima Trusted of Quality Award berkat anak usahanya mengembangkan perumahan berteknologi solar panel. Anak usaha AKI, yakni, Sukses Indonesia Anugerah Property, memang sedang mengembangkan solar panel pada peoyek klaster Almanda di dekat Stasiun KRL Tigaraksa, Tangerang.

Pendiri & CEO AKI Group, Victor Wirawan, menerima penghargaan untuk kategori A Leading Property Development Company in Developing Solar Panel Technology Housing di Jakarta, Jumat malam, (27/4/208) lalu. 

Menurut Victor, ide pengembangan perumahan berteknologi solar panel itu berawal dari sebuah pemikiran sederhana, yakni membuat perumahan ramah lingkungan melalui pemanfaatan energi terbarukan (renewable energy).

"Dan ini kerja keras seluruh tim yang berani mencobanya untuk Almanda yang baru kami luncurkan beberapa waktu lalu. Potensi energi matahari di negara kita sangat besar, karena matahari sepanjang tahun bersinarnya dan itu sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik," kata Victor.

Potensi energi surya di Indonesia, lanjut dia, sekitar 4,8 kWh/meter persegi atau setara 112.000 GWp. Dari jumlah potensi itu, yang sudah dimanfaatkan baru sekitar 10 MWp.

Energi yang dihasilkan oleh panel surya itu, tutur Victor, dapat langsung digunakan ke beban dan selebihnya akan disalurkan ke dalam jaringan PLN. Dengan cara itulah pemilik rumah dapat menekan biaya listrik PLN atau bahkan dibayar oleh PLN untuk setiap listrik yang disuplai ke jaringan PLN,” kata Victor.

"Kita manfaatkan matahari lewat rumah berkonsep listrik mandiri. Kita bisa mengurangi pemakaian listrik dari PLN sampai 60 persen," tambah Victor.

Adapun proyek perumahan Almanda terletak di komplek perumahan Bhuvana Village Regency yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari Stasiun Tigaraksa. Harga awal untuk proyek ini ditawarkan AKI Group mulai Rp 200 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com