Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBPJN VIII Janjikan Pengerjaan Jembatan Babat Rampung sebelum Lebaran

Kompas.com - 18/04/2018, 22:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Hingga saat ini, proses pemindahan potongan tubuh truk yang terjebak di reruntuhan Jembatan Cincin Lama atau dikenal Jembatan Widang-Babat, yang ambruk pada Selasa (17/4/2018) terus dilakukan.

Meski demikian, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII I Ketut Darmawahana menyatakan, sudah bersiap melakukan pengerjaan jembatan bailey di lokasi, yang bakal digunakan untuk sementara waktu.

Baca juga : Tangani Jembatan Babat, Basuki Kirim Rangka Baja Hari Ini

"Sekarang kami juga sudah memikirkan bagaimana jalan (jembatan) yang runtuh ini bisa  dipakai saat Lebaran. Sekarang truk sudah disiapkan untuk mengangkut jembatan pengganti ke sini," ujar Ketut di lokasi kejadian, Rabu (18/4/2018).

Ketut menjelaskan, tim pengerjaan jembatan sementara bakal langsung bekerja, begitu badan truk selesai dievakuasi. Dengan perencanaan awal, jembatan sementara sudah bisa dirampungkan sebelum Lebaran 2018.

"Hitungan awal H-10 sudah bisa dilalui. Kalau Lebarannya Juni, ya sekitar awal Juni sudah bisa dilalui pengguna jalan. Jadi evakuasi harus dilakukan secara cepat dan tentunya aman, serta menyiapkan konstruksi yang cepat dan aman juga," jelasnya.

Baca juga : Baut Lepas, Kementerian PUPR Klaim Rutin Merawat Jembatan Babat

Hanya, Ketut tidak memungkiri, jika dalam waktu yang tersisa pada tahun ini, tidak memungkinkan untuk dilakukan pengerjaan jembatan baru yang sifatnya permanen.

"Mudah-mudahan 2019 bisa kami ganti total, karena ini pertengahan tahun, jadi anggaran juga ada prosesnya. Tentu saja akan kami up date terus perkembangannya," tutup dia.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, petugas terus berupaya mengeluarkan tubuh truk dari reruntuhan jembatan yang ambruk dengan cara dipotong beberapa bagian. Hingga menjelang petang, belum semua bagian truk berhasil dipindahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com