Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intiland Bantu Bedah Rumah di Bangka Belitung

Kompas.com - 16/04/2018, 20:58 WIB
M Latief

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - PT Intiland Development Tbk menyerahkan bantuan kepada Tura (85 thn), salah satu warga Sungailiat, Bangka Belitung, Jumat (13/4/2018). Bantuan tersebut diberikan melalui program Intiland Teduh pada Bedah Rumah HUT REI ke-46.

Acara penyerahan bantuan yang digelar di Desa Rambak, Sungailiat, Bangka, itu dilaksanakan secara simbolik dengan menyerahkan kunci rumah kepada masyarakat yang menerimanya. Intiland menyerahkan bantuan melalui Yayasan Intiland (Intiland Foundation) dalam program Intiland Teduh.

"Kami hanya menyerahkan berupa uang saja kepada pihak REI, bukan kami yang bangun sepenuhnya. Ini kan sifatnya hanya bedah rumah atau renovasi, bukan bangun rumah full," ujar Theresia Rustandi selaku Sekretaris Perusahaan dan Kepala CSR PT Intiland Development Tbk.

Menurut Theresia bantuan bedah rumah itu sejalan dengan visi perusahaan. Melalui program Intiland Teduh, Intiland berusaha proaktif memberikan bantuan pembangunan atau perbaikan rumah bagi masyarakat yang tidak mampu.

"Membantu untuk kehidupan yang lebih baik dan nyaman, bukan hanya melalui bantuan rumah layak, tapi juga pembangunan komunitas dan informasi untuk hidup sehat,” ujarnya.

Menurut dia pemberian bantuan senilai Rp 50 juta itu merupakan salah satu aksi program Intiland Teduh yang diluncurkan sejak 2014. Lewat program ini perseroan berkomitmen menyisihkan sebagian dari laba bersih yang dibukukan untuk pelaksanaan program bantuan penyediaan maupun perbaikan rumah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sebelumnya Intiland juga sudah memberikan bantuan rumah layak huni kepada warga masyarakat Kampung Pekong, Desa Saga, Kabupaten Tangerang, yang berdekatan dengan proyek perumahan Talaga Bestari. Untuk program yang digelar bekerjasama dengan Habitat for Humanity ini bantuan yang diberikan sebanyak 25 rumah layak huni bagi warga terpilih serta dilengkapi fasilitas sanitasi publik.

Proses pembangunan rumah dan fasilitas melibatkan sejumlah pihak dan sukarelawan yang berasal dari karyawan Intiland, relawan Habitat for Humanity, serta partisipasi aktif warga setempat. Setiap keluarga yang menerima bantuan rumah juga turut  berpartisipasi langsung dalam proses pembangunan rumah yang akan diterimanya.

"Setelah program di desa Pekong ini kami berencana memulai program serupa di dekat proyek kami di Tangerang. Bulan depan kami akan memulai program bantuan rumah layak," kata Theresia.

Awal tahun ini, Intiland juga sudah memulai program pengembangan perumahan rakyat dengan menjalin kerjasama kemitraan dengan sejumlah pengembang daerah. Kerjasama itu dilaksanakan sebagai wujud komitmen bersama untuk mendukung Program Sejuta Rumah pemerintah dalam upaya memenuhi backlog perumahan nasional.

"Untuk tahapan awal ini kami memulainya dengan pembangunan perumahan di wilayah Pacitan, Jawa Timur," ujarnya.

Pada program kemitraan itu Intiland membangun sebanyak 106 unit rumah yang mendapatkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) di lahan seluas satu hektar. Lokasi pembangunan perumahan itu sudah ditetapkan di kawasan perumahan Puri Permata Indah, Pacitan, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com