Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Direksi Waskita Karya Bakal Dicopot

Kompas.com - 21/03/2018, 17:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com – Empat anggota direksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan dicopot. Pencopotan tersebut dilakukan menyusul rentetan kasus kecelakaan konstruksi pada proyek yang dikerjakan Waskita.

Baca juga : Ada Apa dengan Waskita Karya?

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang ,engungkapkan hal tersebut saat rapat kerja antara Komisi V DPR dengan Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan di Kompleks Parlemen, Rabu (21/3/2018).

“Rencananya ada empat yang bertanggung jawab pada operasi, SDM dan direktur utama,” kata Bambang.

Petugas dari kepolisian mengecek kondisi pasca robohnya cetakan beton tiang pancang proyek Jalan Tol Becakayu, di Jalan DI Panjaitan, Jakarta, Selasa (20/02/2018). Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 03.00 WIB saat pekerja sedang melakukan pengecoran. Terdapat tujuh korban yang dilarikan ke Rumah Sakit UKI dan Polri.MAULANA MAHARDHIKA Petugas dari kepolisian mengecek kondisi pasca robohnya cetakan beton tiang pancang proyek Jalan Tol Becakayu, di Jalan DI Panjaitan, Jakarta, Selasa (20/02/2018). Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 03.00 WIB saat pekerja sedang melakukan pengecoran. Terdapat tujuh korban yang dilarikan ke Rumah Sakit UKI dan Polri.
Keputusan pencopotan itu menjadi salah satu poin rekomendasi yang diberikan Kementerian PUPR kepada Kementerian BUMN, setelah insiden ambruknya bekisting pierhead proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) beberapa waktu lalu. Proyek tersebut juga digarap oleh Waskita Karya.

Baca juga : Klarifikasi Waskita, yang Jatuh Bekisting Pierhead Bukan Tiang

Soal penggantinya, Bambang masih enggan untuk mengungkapkannya. Alasannya, saat ini masih dalam tahap uji kepatutan dan kelayakan terhadap sejumlah kandidat.

“Karena ini perusahan Tbk, betul ada perubahan cukup besar di direksi. Terutama Waskita, namun (masih) dalam proses fit and proper test,” kata dia.

Untuk diketahui, perusahaan pelat merah itu dipimpin oleh M Choliq sebagai Direktur Utama. Adapun jajaran di bawahnya terdapat Agus Sugiono sebagai Direktur SDM dan Sistem, dan Tunggul Rajagukguk selaku Direktur Keuangan dan Strategi.

Selanjutnya ada Adi Wibowo selaku Direktur Operasi I, Nyoman Wirya Adnyana selaku Direktur Operasi II, dan Bambang Rianto selaku Direktur Operasi III.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com