Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Tol Kunciran-Cengkareng Baru 7,81 Persen

Kompas.com - 31/01/2018, 21:59 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dimulai pada Juni 2017 lalu, progres konstruksi Tol Kunciran-Cengkareng baru mencapai 7,81 persen. Padahal, jalan tol yang dirancang sepanjang 14,19 kilometer ini ditargetkan rampung awal 2019.

Direktur Utama PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) Edwin Cahyadi menjelaskan, kendala utama dalam penggarapan tol ini adalah pembebasan lahan. Sejauh ini, baru 32,05 persen lahan yang telah dibebaskan dari total seluruh kebutuhan.

"Tapi kami selalu menempuh langkah percepatan dalam melakukan pembebasan lahan. Salah satunya adalah dengan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar proses konstruksi bisa dilakukan tanpa hambatan," kata Edwin dalam keterangan tertulis, Selasa (31/1/2018).

Jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, yang menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung.

Jaringan jalan tol ini berfungsi untuk memecah arus lalu lintas yang seringkali mengalami kepadatan di dalam kota Jakarta, maupun di JORR.

Selain itu, jalan tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Kunciran-Serpong, serta Jalan Tol Prof. Dr. Sedyatmo.

Proyek tol yang digarap PT Wijaya Karya (persero) Tbk (Wika) senilai Rp 3,5 triliun ini akan dibangun dalam empat seksi.

Keempat seksi itu yakni seksi 1 Kunciran–IC Sultan Ageng Tirtayasa sepanjang 2,04 kilometer, dan seksi 2 IC Sultan Ageng Tirtayasa–on/off ramp Benteng Betawi sepanjang 3,50 kilometer.

Kemudian, seksi 3 on/off ramp Benteng Betawi–IC Husein Sastranegara 6,50 kilometer, dan seksi 4 IC Husein Sastranegara–Benda Junction 2,15 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com