Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ruas Tol Trans-Jawa Bisa Dilintasi Pemudik Saat Lebaran 2018

Kompas.com - 30/01/2018, 20:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berupaya agar jalan Tol Trans-Jawa dapat tersambung mulai dari Merak sampai Surabaya pada musim lebaran tahun 2018.

Selain yang sudah dioperasikan, ada beberapa ruas yang akan dibuka secara fungsional.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, tol yang akan dibuka secara fungsional itu yakni Pemalang-Batang (23 kilometer), Salatiga-Solo (32 kilometer), dan Ngawi-Kertosno untuk porsi pemerintah sepanjang 30 kilometer.

Bila diakumulasikan, maka panjang ruas tol yang dibuka fungsional yaitu 85 kilometer.

"Kami juga akan menyiapkan fasilitasnya, berupa rest area. Serta untuk akses keluar masuk, itu dari hari ini sampai hari H nanti kita akan melakukan survei, untuk melihat kecenderungan, agar jangan sampai macet," kata Herry saat rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran di Kementerian Perhubungan, Selasa (30/1/2018).

Meski dibuka fungsional, Herry memastikan, kualitas jalan akan jauh lebih baik kondisinya bila dibandingkan dengan kondisi tol yang dibuka darurat pada tahun-tahun sebelumnya.

"Jalannya aspal itu sampai ATB, tapi belum sampai wearing. Apapun kita lakukan, tapi yang penting fungsional bukan seperti yang dulu lean concrete," ucap Herry.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, selama musim arus mudik lebaran, seluruh pekerjaan konstruksi di jalan tol akan dihentikan untuk sementara.

"Kita juga akan melakukan pengaturan pagar konstruksi, juga memanfaatkan pelebaran jalur pada proyek Tol Jakarta-Cikampek Elevated," kata dia.

Ia menambahkan, sistem traffic management akan semakin ditingkatkan untuk menekan kepadatan arus kendaraan.

Selain itu, untuk mengatasi kemacetan, juga akan disiapkan petugas tol yang membawa mobile reader serta menambah jumlah personel yang menyediakan layanan isi ulang bagi kartu tol elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com