Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan ars86care Renovasi TK Ramah Anak

Kompas.com - 22/01/2018, 14:02 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat. Salah satunya adalah merenovasi sekolah taman kanak-kanak (TK).

ars86care Foundation baru-baru ini memperkenalkan konsep Ruang Ramah Anak melalui program renovasi Sekolah Ramah Anak.

Program ini meliputi kegiatan merenovasi TK-TK di Jawa Tengah agar menjadi ramah anak dan peduli lingkungan, dibantu oleh para donatur yang bersama-sama menjalani visi dalam menciptakan Ruang Ramah Anak.

Humas ars86care Foundation Anjani Sasikirana mengatakan, program tersebut dinamakan volunteering event atau aksi sukarela  yang berlangsung dalam kurun waktu dua kali dalam setahun,.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para donatur dan anak-anak dalam lingkungan sekolah yang telah mereka bantu dan juga untuk meresmikan sekolah yang baru saja direnovasi," dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (22/1/2018).

Beragam aktivitas yang melibatkan anak-anak dan para donatur akan menjadi fokus utama acara ini.

Volunteering Event ini juga sekaligus memperkenalkan dua TK yang tahun ini dibantu oleh ars86care foundation dengan dana dari Credit Suisee dan dalam bentuk hibah dari CS Asia Pacific Philanthropy.

Credit Suisse pada 2017 mendanai dua sekolah yaitu Dwija Wiyata Kindergarten, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul dan TK PKK2 Giripanggung.

Salah satu keunikan dari sekolah yang dibantu adalah penambahan fitur hijau pada bangunan seperti solar panel, lubang biopori, sumur penyerapan air dan vertical garden.

Acara serupa kembali diadakan di Dwija Wiyata Kindergarten pada 20 Januari 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh aparat desa, guru sekolah, anak-anak, orang tua murid dan juga donatur yaitu Perusahan Credit Suisse Singapura.

Lebih dari 40 sukarelawan Credit Suisse ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara ini.

Tahun ini, para sukarewalan akan diminta untuk berkreasi dengan anak-anak dengan membuat alat peraga edukasi yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk kegiatan mengajar sehari-hari.

Anak-anak didampingi oleh para guru dan para sukarelawan akan mengenal warna, bentuk dan tekstur dengan membuat lilin atau lebih dikenal dengan sebutan Play-Doh dari bahan-bahan yang dapat mereka temukan di rumah masing-masing.

Selain belajar berkreasi, ars86care juga ikut serta menjaga lingkungan dengan mengusung konsep “Peduli Lingkungan”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com