Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2019, Kendal Punya Pelabuhan Niaga International

Kompas.com - 28/12/2017, 21:14 WIB
Slamet Priyatin,
Arimbi Ramadhiani

Tim Redaksi


KENDAL, KompasProperti- Kabupaten Kendal Jawa Tengah akan mempunyai pelabuhan internasional bertaraf internasional dengan anggaran total sebesar Rp 6,1 triliun.

Bupati Kendal Mirna Anissa mengatakan pelabuhan ini diharapkan beroperasi pada 2019.

“Saya berharap pembangunan pelabuhan niaga ini cepat selesai, sehingga bisa mengangkat perekonomian masyarakat Kendal," ujar Mirna, Kamis (28/12/2017).

Mirna menambahkan, ia baru saja melakukan tanda tangan kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), dalam bidang pembangunan dan pengelolaan.

Terkait dengan hal itu, Sekretaris Daerah Kendal, M. Toha, menuturkan, tahun depan Pemerintah Kabupaten Kendal telah menganggarkan Rp 10,5 miliar untuk pelebaran jalan pelabuhan.

Apabila nanti saat di tengah pembangunan biaya tersebut kurang, prosesnya bisa dilanjutkan oleh Pelindo 3.

“Kami juga menganggarkan Rp 1,5 miliar rupiah untuk lampu penerangan,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III, Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, mengatakan Pelindo telah menyiapkan anggaran Rp 6 triliun untuk pembangunan pelabuhan niaga Kendal, yang ada di Kaliwungu.

Anggaran sebesar itu antara lain untuk pengerukan laut, bangunan dermaga, dan perkantoran.

“Kedalaman laut sekarang ini di lokasi pembangunan pelabuhan niaga Kendal sekitar 4-5 meter. Idealnya, kedalaman itu, adalah 10 meter. Sehingga kapal besar bisa merapat,” ujarnya.

Danadiputra juga mengatakan, pada 2018 Pelindo III akan melakukan kajian yang memakan waktu sekitar 6 bulan. Setelah kajian selesai, pembangunan baru bisa dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com