Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Arus Balik, Menhub Imbau Masyarakat Tidak Pulang Bersamaan

Kompas.com - 26/12/2017, 06:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

CIKARANG, KompasProperti - Untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan saat arus bali libur Tahun Baru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau, agar masyarakat tidak pulang ke Jakarta pada waktu bersamaan.

Puncak arus balik diprediksi terjadi pada 1 Januari 2018, saat masyarakat kembali beraktivitas normal. Hal itu disebabkan tidak adanya cuti bersama pada 2 Januari.

"Saya mengimbau kepada para pemudik yang ingin kembali untuk tidak melakukan arus balik secara bersamaan," kata Budi usai meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu (24/12/2017).

Saat puncak arus balik, diperkirakan 104.000 kendaraan bakal melintasi GT Cikarang Utama. Prediksi itu melonjak drastis bila dibandingkan volume lalu lintas normal yang hanya 74.000 kendaraan.

Bila diperlukan, Budi menyarankan, sebaiknya masyarakat kembali ke Jakarta sebelum perayaan Tahun Baru.

"Kalau bisa sebelum tanggal 1 Januari 2018 sudah kembali di Jakarta. Merayakan tahun barunya di Jakarta saja kita bikin pesta kembang api yang meriah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com