Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Bangun Gedung Tertinggi Tahun Ini, China Dominasi Dunia

Kompas.com - 18/12/2017, 13:39 WIB
Dani Prabowo

Penulis

KompasProperti - Jumlah gedung pencakar langit yang selesai dibangun pada tahun ini kian bertambah.

Gedung tertinggi terbaru berada di Shenzhen, China, yaitu Ping An Finance Center yang dibangun oleh KPF, setinggi 599 meter. Gedung ini menjadi gedung tertinggi keempat di dunia.

Dari laporan Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) seperti dikutip KompasProperti, setidaknya ada 144 gedung pencakar langit dengan tinggi 200 meter lebih yang rampung pada tahun 2017. Gedung-gedung tersebut tersebar di 23 negara.

Laporan tersebut sekaligus menunjukkan bahwa tren pembangunan gedung tinggi tidak mengalami penurunan. Bila dibandingkan tahun 2013, jumlah gedung pencakar langit tumbuh dua kali lipat pada tahun ini.

"Pembangunan gedung bertingkat tinggi tidak lagi sebatas digunakan untuk pusat keuangan dan bisnis tertentu, namun justru menjadi tren global yang dapat diterima sebagai pemadatan. Karena lebih dari satu juta orang di planet kita mengalami urbanisasi setiap minggunya," kata Direktur Eksekutif CTBUH Antony Wood.

Tahun ini, Wood menambahkan, juga menjadi tahun yang paling beragam secara geografis terkait sebaran gedung pencakar langit yang rampung dibangun. Setidaknya, keberadaan mereka terdapat di 69 kota dan di 23 negara yang berbeda.

13 kota di antaranya, bahkan benar-benar baru memiliki gedung pencakar langit dengan tinggi lebih dari 200 meter.

CTBUH, kata dia, melihat hal ini sebagai ajang bahwa industri konstruksi telah pulih dari krisis ekonomi 2008.

Pada tahun 2007, hanya 20 kota di dunia yang berhasil menyelesaikan bangunan dengan tinggi di atas 200 meter.

Namun satu dekade kemudian, jumlah gedung pencakar langit yang dirampungkan naik tiga kali lipat.

"Meskipun jumlah total penyelesaian gedung yang tinggi merupakan metrik penting yang harus diperhatikan, data tentang diversifikasi geografis yang cepat dari penyelesaian bangunan 200 meter plus adalah kisah sebenarnya dalam laporan ini," kata dia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, China masih menduduki sebagai negara dominan bagi gedung pencakar langit. Selain Ping An Finance Center di Shenzhen, ada 11 gedung pencakar langit lain yang berdiri pada tahun ini di kota tersebut.

Gedung pencakar langit lain yang akan rampung tahun ini yakni Lotte World Tower setinggi 555 meter di Seoul, Korea Selatan, dan Marino 101 setinggi 425 meter di Dubai yang dirancang National Engineering Bureau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com