Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Persen Pembeli Membayar Kontan Apartemen di Depok

Kompas.com - 12/12/2017, 11:18 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

DEPOK, KompasProperti - Perlambatan ekonomi rupanya tak memengaruhi minat para pembeli untuk memiliki apartemen. Termasuk mereka yang membeli Female Apartment garapan PT Graha Loka Pangestu (GLP).

Pengembang ini tengah memasarkan apartemen berkonsep female dormitory atau rumah kos eksklusif putri, yaitu Female Apartment.

Dari total 551 unit, sebanyak 150 unit di antaranya telah terjual baik pada penghuni akhir (end user) maupun investor.

Sebanyak 50 persen dari 150 unit terjual itu dibeli dengan cara kontan alias tunai keras. Padahal, harganya tak bisa dibilang murah, yakni serentang Rp 17 juta hingga Rp 18 juta per meter persegi.

Jika dihitung dengan luas unit terkecil 26 meter persegi, maka harga per unit hampir setengah miliar atau Rp 468 juta di luar PPN.

"Surprisingly, dari metode pembayaran yang kami siapkan, paling banyak tunai keras 50 persen," ujar Managing Director I Wayan Ekadiana, di Depok, Selasa (12/12/2017).

Wayan mengatakan, pihaknya menyediakan beberapa cara bayar yang memudahkan konsumen yakni Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), tunai bertahap, dan tunai keras.

"Untuk KPA dan tunai bertahap masing-masing sama komposisinya," kata Wayan.

Mengutamakan penghuni wanita, konsep Female Apartment dipilih berdasarkan beberapa survei kecil GLP terhadap sejumlah apartemen eksisting di sekitar Universitas Indonesia (UI).

Hasilnya, lebih dari 50 persen penyewa atau penghuni apartemen adalah wanita. Konsep ini juga dipilih sebagai diferensiasi produk GLP terhadap apartemen di sekitarnya.

Untuk menunjang kebutuhan dan gaya hidup penghuni, Female Apartment dilengkapi berbagai fasilitas modern seperti kolam renang ekslusif, pusat kebugaran, communal lounge, coffee shop, minimarket 24 jam, salon serta sky lounge.

"Jadi untuk tamu pria tidak boleh masuk ke dalam unit penghuni. Kami sediakan communal lounge sebagai tempat untuk bertemu, belajar kelompok, atau menerima tamu pria," jelas Wayan.

Female Apartment dibangun di atas tanah seluas 2.112 meter persegi dan terdiri dari 1 menara di Jalan Margonda Raya, Depok.

Dengan ketinggian 21 lantai dan 3 lantai rubanah, Female Apartment didominasi unit studio dengan luasan mulai dari 26 meter persegi sampai 49 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com