Tahun Depan, Marriott Ekspansi Besar-besaran - Kompas.com

Tahun Depan, Marriott Ekspansi Besar-besaran

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 08/12/2017, 12:00 WIB
ilustrasi hotelshutterstock ilustrasi hotel

JAKARTA, KompasProperti – Segmen hotel Select-Service milik Marriott International Inc. tahun ini melakukan ekspansi besar di kawasan Asia Pasifik dengan tujuh merek berbeda.

Merek tersebut adalah Fairfield by Marriott, Courtyard by Marriott, Four Points by Sheraton, Aloft, Moxy, Element and AC Hotels.

Hotel-hotel pada segmen ini mengalami pertumbuhan tercepat di Asia Pasifik, di antara segmen hotel Marriott International lainnya.

Segmen Select-Service di Asia, memungkinkan wisatawan untuk merasakan kualitas pelayanan berstandar internasional dengan harga yang terjangkau, di beberapa daerah dan kota yang sedang tumbuh.

"Wisatawan akan memiliki pilihan yang lebih banyak di berbagai destinasi baru, tanpa perlu berkompromi pada kualitas layanan yang menjadi standar Marriott International di seluruh dunia," ujar Chief Sales and Marketing Officer Asia-Pacific, Marriot International, Peggy Fang Roe.

Segmen hotel Select-Service mengambil momentum di negara-negara yang menjadi pasar utama Marriott termasuk China, India dan Indonesia.

Selain itu, Marriott melihat adanya potensi yang kuat untuk melakukan ekspansi ke Korea Selatan, Australia, Jepang dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Pembukaan hotel baru

Courtyard by Marriott telah meresmikan Courtyard by Marriott Changsha dan Courtyard by Marriott Tianjin pada musim panas kemarin, memperkuat portofolio hotel mereka di kota-kota kecil China, melalui pembukaan hotel di Zhengzhou, Shanghai dan Chengdu pada 2018.

Courtyard Marriott Hotel, New York.www.theepochtimes.com Courtyard Marriott Hotel, New York.
Di China, kini terdapat 19 hotel Courtyard, dengan 38 hotel lainnya dijadwalkan untuk segera dibuka.

Di daerah kesehatan Novena Singapura, pada Oktober 2017 telah dibuka Courtyard by Marriott Singapore Novena yang menjadi debut perdana merek hotel ini di Singapura.

Courtyard siap menyasar negara-negara lain di Asia Tenggara dengan pembukaan Courtyard by Marriott Siem Reap Resort.

Dijadwalkan untuk dibuka pada awal 2018, resor ini akan menjadi properti Courtyard perdana di Kamboja yang akan segera diikuti dengan dibukanya Courtyard by Marriott Phnom Pehn pada paruh kedua 2018.

Courtyard by Marriott hotel di Nha Trang, Vietnam dan Yangon, Myanmar juga direncanakan untuk dibuka dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

Untuk wilayah Asia Pasifik, saat ini terdapat 46 hotel Courtyard yang telah dibuka dan 67 lainnya direncanakan untuk dibuka, menjadikan Courtyard sebagai mereka ketiga terbesar di Asia Pasifik.

Kolam Renang Four Points by Sheraton Seminyak, Bali.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Kolam Renang Four Points by Sheraton Seminyak, Bali.
Dikenal dengan program Best Brews™, setiap hotel Four Points by Sheraton menawarkan bir lokal.

Merek hotel ini terus menjadi salah satu merek hotel Marriott International paling populer di Asia Pasifik dengan 13 proyek baru yang telah disepakati pada tahun 2017. Pada Maret tahun ini, Four Points by Sheraton Melbourne Docklands juga akan dibuka.

Hotel ini juga meluncurkan program global Four Points Brew Off, dimana dua pabrik bir lokal saling berkompetisi untuk dipilih menjadi pemenang Four Points Best Brew, yang produksi birnya akan disajikan di hotel tersebut.

Four Points juga akan berekspansi di wilayah Pasifik dalam tahun mendatang, melalui pembukaan Four Points by Sheraton Auckland dan Four Points Sydney Central pada paruh kedua 2018.

Tahun depan juga akan dibuka hotel Four Points untuk pertama kalinya di Vietnam, dengan pembukaan Four Points by Sheraton Danang.

Tidak hanya itu, Four Points akan membuka properti keduanya di Korea, bernama Four Points by Sheraton Seoul, Gangnam.

Kemudian, Fairfield by Marriott, yang masuk dalam segmen Classic Select merayakan hari jadi ke-30 tahun ini, dengan berbagai pembukaan hotel baru di Asia Pasifik.

Ilustrasi hotelEugeneonline Ilustrasi hotel
Dalam segmen hotel menengah yang terus tumbuh ini, Fairfield menjangkau pebisnis dan pelancong.

Di wilayah Asia Pasifik, pembukaan Fairfield Nanning Nanhu Park menjadi debut Fairfield di Tiongkok, hotel pertama dari 100 hotel lainnya yang akan dibuka di China dalam lima tahun ke depan, yang menjadi bagian dari perjanjian pembangunan eksklusif antara Marriott International dan Dossen International Group.

Distinctive-Select

Tahun ini, Aloft Hotels melakukan debut di Australia dan Indonesia dengan pembukaan Aloft Perth di bulan Mei dan Aloft Jakarta Wahid Hasyim pada November.

Terdapat beberapa pembukaan yang dinantikan pada 2018, yaitu Aloft Shanghai Zhangjiang Haike dan Aloft New Delhi Aerocity.

Hotel-hotel ini memiliki konsep berbeda yang dapat mengakomodasi permintaan pasar yang kerap bertumbuh terdahap adaptasi teknologi, wisatawan global yang terhubung, dan masyarakat urban yang berkembang di ruang sosial.

Bali bakal dipenuhi 12.226 kamar hotel baru hingga 2016 mendatang. Satu di antara hotel yang bakal hadir adalah Aloft.IST Bali bakal dipenuhi 12.226 kamar hotel baru hingga 2016 mendatang. Satu di antara hotel yang bakal hadir adalah Aloft.
Aloft bereksperimen dengan teknologi baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman menggunakan teknologi terbaru.

Mulai dari Botlr hingga Emoji Room Service sampai Live at Aloft Hotels, inisiatif terdepan dalam musik, desain dan teknologi akan tersedia di Aloft.

Sementara Moxy melakukan debut perdana di Asia Pasifik dengan pembukaan Moxy Bandung pada Oktober lalu, diikuti pembukaan dua hotel di Jepang pada November 2017, yaitu Moxy Tokyo Kinshicho dan Moxy Osaka.

Merek hotel ini, dirancang bagi wisatawan Next Gen yang suka mengekspresikan diri mereka dalam bentuk zona sosial yang layak untuk diunggah ke media sosial, soket listrik untuk perangkat pribadi, koneksi WiFi, dan bar dengan konsep selfservice grab-and-go.

Targetnya, jumlah properti Moxy dapat mencapai 150 hotel secara global, pada sepuluh tahun mendatang.

Adapun Element Hotels yang memulai debutnya pada 2008 dan dirancang untuk para wisatawan masa kini yang sehat, sadar akan lingkungan dan aktif, terlepas dari lama tinggal mereka, baik beberapa hari atau beberapa bulan.

Moxy Indonesia di Bandung, Jawa Barat.Dokumentasi Marriott International Moxy Indonesia di Bandung, Jawa Barat.
Pada Mei 2017, peresmian Element Kuala Lumpur menandai debut di Asia Tenggara. Dibukanya Elemen Chongli pada bulan Juli 2017 menandai resor ski pertama merek hotel ini, yang terletak di Resor Ski Thaiwoo, Zhangjiakou, China ? tempat resmi untuk Olimpiade Musim Dingin 2022.

Element Bali dan Element Xiamen Haicang dijadwalkan untuk dibuka bagi para wisatawan pada 2018.

Kemudian untuk AC Hotel, debutnya di Asia dimulai dengan AC Hotel Tokyo pada Oktober lalu, yang direncanakan untuk dibuka pada 2020.

AC Hotel diluncurkan di Eropa pada 2011 sebagai usaha kerja sama dengan pengusaha Spanyol Antonio Katalan.

AC Hotels by Marriott saat ini menawarkan portofolio lebih dari 100 hotel di Brasil, Denmark, Italia, Perancis, Meksiko, Portugal, Spanyol, Turki, dan Amerika Serikat.

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM