Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat 63 di Dunia, Indonesia Harus Benahi Sistem Logistik

Kompas.com - 30/11/2017, 21:13 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Dibandingkan dengan negara-negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia, industri logistik di Indonesia masih kurang berkembang dan belum menyentuh seluruh area.

Menurut Bank Dunia, Indonesia berada di peringkat 63 dalam Indeks Kinerja Logistik global 2016, tertinggal di belakang negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Indonesia hanya berada satu peringkat di atas Vietnam dengan skor yang sama, yaitu 2,98. Sementara Singapura berada di peringkat 5, Malaysia 32, dan Thailand 45.

"Kurangnya kinerja Indonesia ini kemungkinan disebabkan karena tersendatnya pengiriman di beberapa bandara atau pelabuhan. Selain itu, minimnya infrastruktur di sejumlah daerah," ujar Head of Research and Consultancy Savills Anton Sitorus berdasarkan Market Trends "Future-proofing The Logistics Industry", Kamis (30/11/2017).

Terlepas dari tantangan terus menerus yang dihadapi di bidang infrastruktur, birokrasi dan peraturan, pasar akan memenuhi permintaan akan volume yang kuat.

Dalam hal ini, permintaan akan datang dalam jangka pendek dan menengah.

Skala dan potensi Indonesia

Indonesia saat ini merupakan salah satu ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan penduduk lebih dari 250 juta orang serta melimpahnya sumber daya alam sepanjang pulau-pulau.

Potensi skala di balik permintaan akan proses manajemen barang yang efisien dan efektif ditawarkan melalui sistem logistik yang lebih baik.

Selama bertahun-tahun, ini secara konsisten didorong oleh pasar barang konsumsi Indonesia.

Sektor manufaktur tetap menjadi penyumbang terbesaar PDB Indnsia dan ada saat bsamaan, tjadi pertumbuhan ekonomi.

Pada 2016, kontribusinya mencapai 0,92 persen terhadap total pertumbuhan ekonomi 5,02 persen. Ini diikuti oleh sektor perdagangan sebesar 0,53 persen dan sektor konstruksi sebesar 0,51 persen.

Sementara itu, kontributor terbesar sektor manufaktor berasal dari makanan dan minuman 32,84 persen, diikuti oleh peralatan logam, komputer, elektronika, optik dan eletrikitas dengan 10,71 persen.

Pasar Fast Moving Consumer Goods (FMCG) juga telah mencatat penjualan positif tahunan rata-rata 10 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com