Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap Terjebak Macet Jelang Libur Panjang

Kompas.com - 30/11/2017, 19:12 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Arus kendaraan yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama pada Kamis (30/11/2017), diperkirakan meningkat.

Hal ini imbas libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang dimulai pada Jumat (1/12/2017) esok hari hingga Minggu (3/12/2017) mendatang.

Normalnya, arus lalu lintas kendaraan yang melintasi gerbang tol tersebut sebanyak 74.785 unit kendaraan per hari.

Namun, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan kenaikan arus dapat mencapai 98.065 unit kendaraan per hari.

"Artinya, volume lalu lintas di GT Cikarang Utama naik sebesar 31,13 persen," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan di gerbang tol tersebut dan ruas Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga telah menyiapkan berbagai langkah.

Mulai dari sinkronisasi pelaksanaan tahapan pekerjaan proyek dengan pengaturan kegiatan proyek yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas selama periode libur panjang, pendistribusian/pengurangan beban lalu lintas pada kondisi peak hour dengan pengalihan rute perjalanan di tol/ke jalan arteri alternatif.

Kemudian, meningkatkan kemampuan monitoring dan identifikasi jam-jam padat, kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas contraflow atas diskresi pihak kepolisian, serta kapasitas GT Cikarang Utama dengan menggunakan gardu reversible dan gardu portable di GT Cikarang Utama pada jam-jam padat menjadi 20 gardu masuk dan 31 gardu keluar.

Selain itu, Heru menambahkan, Jasa Marga juga akan mempercepat response time penanganan gangguan lalu lintas dengan penempatan petugas dan unit layanan lalu lintas pada lokasi rawan kepadatan, mengatur buka/tutup di rest area saat terjadi kepadatan menuju rest area dan pengoperasian parking bay di KM 18 A, KM 41 A, KM 59 A, KM 58 B, dan KM 34 B.

"Jasa Marga juga telah memastikan kesiapan operasional untuk merealisasikan strategi-strategi yang berguna untuk mengurai kepadatan kendaraan," kata Heru.

Beberapa di antaranya yakni dengan mempersiapkan petugas Call Center dengan nomor 14080, pemantauan kondisi lalu lintas melalui CCTV, penyampaian informasi lalu lintas melalui 17 VMS dan aplikasi mobile JMCARe, serta menyediakan layanan informasi kondisi lalu lintas terkini yang disampaikan melalui beberapa radio swasta

Guna membantu kelancaran arus, Heru mengimbau, pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu-rambu, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan, serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol.

Selain itu, ia mengingatkan, agar pengendara memastikan Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup. Para pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan estimasi waktu tempuh, mengingat saat libur panjang ini, tidak ada pembatasan kendaraan berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com