Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Properti Dubai dan Abu Dhabi Turun

Kompas.com - 27/11/2017, 11:13 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

DUBAI, KompasProperti - Tak hanya di Indonesia yang sedang mengalami siklus perlambatan bisnis properti, di Uni Emirat Arab juga tengah dilanda penurunan.

Baca juga : Perlambatan Bisnis Properti Terus Berlanjut

Angka indeks terbaru menunjukkan, harga jual dan tarif sewa properti telah turun jauh dibandingkan tahun lalu.

Baik Dubai dan Abu Dhabi mengalami penurunan di pasar properti mereka, meskipun pasar vila di Abu Dhabi menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Indeks REIDIN terbaru menunjukkan, harga properti di Dubai turun 0,65 persen secara bulanan pada Oktober dan 2,96 persen secara tahunan.

Rincian angka memperlihatkan, harga apartemen turun 0,68 persen setiap bulan dan harga vila turun 0,51 persen. Sementara secara tahunan harga apartemen danvila turun masing-masing 2,96 persen dan 1,36 persen.

Pasar sewa di Dubai juga turun. Secara keseluruhan, persewaan turun sebesar 0,74 persen secara bulanan dan 6,27 persen secara tahunan.

Sewa apartemen turun 0,69 persen setiap bulan dan 6,02 persen setiap tahunnya sedangkan sewa vila turun 0,96 persen per bulan dan 7,63 persen per tahun.

Penurunan di Abu Dhabi

Di Abu Dhabi, harga perumahan turun secara keseluruhan sebesar 0,55 persen pada Oktober dan turun 9,49 persen secara tahunan. Harga apartemen pun turun 0,89 persen setiap bulan dan 9,89 persen setiap tahun.

Di samping itu, pasar vila menunjukkan tanda-tanda pemulihan di Abu Dhabi dengan pertumbuhan harga 0,55 persen per bulan.

Tetapi, harga di sektor ini masih turun sebesar 8,2 persen dibandingkan dengan Oktober 2016.

Sementara dari segi harga, pasar sewa Abu Dhabi turun sebesar 0,8 persen setiap bulan namun berada di bawah 10,88 persen di bawah Oktober 2016.

Sewa apartemen turun 0,84 persen setiap bulan dan sebesar 11,24 persen secara tahunan.

Sedangkan harga sewa vila turun 1,2 persen secara bulanan dan sebesar 9,47 persen dari tahun ke tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com