Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2019, Tol Serang-Panimbang Dibuka Bertahap

Kompas.com - 16/11/2017, 21:20 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - PT Wika Serang Panimbang (WSP), anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang menggarap proyek Jalan Tol Serang-Panimbang, menargetkan operasional jalan tol tersebut dapat dilakukan secara bertahap mulai awal 2019.

Saat ini, upaya pembebasan lahan seluas 785 hektar masih terus dilakukan. WSP sendiri berencana memulai proses konstruksi pada Desember 2017, setelah setidaknya lahan di lima desa bebas dan dibayar.

"Mungkin awal 2019 (sudah bisa operasional bertahap) di ruas yang pertama Serang-Cikeusal," kata Direktur Utama PT WSP Entus Asnawi kepada awak media di Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Pada proyek yang dirancang sepanjang 83,7 kilometer ini, WSP hanya kebagian menggarap ruas tol sepanjang 50,7 kilometer. Sementara sisanya, akan digarap dengan biaya pemerintah dengan skema Availability Payment (AP).

Entus berharap pemerintah dapat segera merampungkan lelang dan memulai pekerjaan konstruksi. Dengan demikian, proyek tersebut dapat rampung dalam waktu lebih singkat.

"2019 akhir, mudah-mudahan (beroperasi penuh)," kata dia.

Jalan Tol Serang-Panimbang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalan tol ini nantinya akan mendukung arus transportasi kendaraan menuju dan dari arah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com