Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Pengembang, Proyek dan Tokoh Raih IPBA 2017

Kompas.com - 10/11/2017, 14:04 WIB

Jakarta, KompasProperti - Majalah Property & Bank bersama Aliansi Jurnalis Properti dan Keuangan (AJPK), Kamis (9/11/2017) malam tadi di Hotel Mulia, Jakarta, memberikan penghargaan Indonesia Property&Bank Award kepada sejumlah pihak, mulai tokoh properti, pengembang properti, perbankan, dan lainnya. Tahun ini IPBA memasuki pelaksaan yang keduabelas kalinya.

Untuk tim juri tahun ini panitia menggandeng IPMI Business School dengan menunjuk Prof Roy Sembel sebagai juri utama untuk bidang manajemen, pemasaran dan branding. Selain itu, panitia IPBA masih mengikutsertakan Ir B. Irwan Wipranata (Universitas Tarumanegara), Tommy Zhu (Investor Academy Singapore), serta Zulfi S Koto (The HUD Institute).

"Kami percaya mereka adalah para profesional yang punya kemampuan di bidangnya masing-masing sehingga selalu mengedepankan hasil survei yang independen. Penilaian secara berkesinambungan ini kami lakukan di bawah pengawasan para juri tetap itu," ujar Ketua AJPK Ir Indra Utama, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Property & Bank, usai memberikan penghargaan.

Sementara itu, menurut Prof. Roy Sembel, pelaksanaan IPBA ini dianggap penting bagi industri dan pelaku bisnis. Hal itu karena industri properti sangat perlu branding.

"Terutama yang selama ini konsep bisnisnya masih konvensional. Masih banyak hal yang harus dilakukan dalam hal branding. Dibanding ilmu-ilmu lainnya yang sudah dikenal ratusan tahun lalu, ilmu yang mempelajari tentang branding baru berkembang 1 atau 2 dekade ini sehingga perlu kita berikan apresiasi bagi mereka yang berhasil melakukan branding terhadap properti yang dikembangkan," ujar Roy.

Berdasarkan kesepakatan dan diskusi panjang setelah melalui selama satu tahun penjurian, dewan juri IPBA 2017 akhirnya menentukan para pemenang penghargaan, baik itu tokoh, developer, maupun proyek properti.

Untuk kategori Grand Property Award, Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur Bank BCA, mendapat predikat CEO of The Year 2017, lalu Direktur Utama Bank BTN, Maryono, didapuk sebagai The Most Favourite Leadership 2017, serta Iwan Sunito, Chairman & Group CEO Crown Group, yang diberi predikat The Most Influential Property Person.

Sementara itu, beberapa tokoh lain yang mendapat penghargaan adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono (The Most Popular Property Figure) dan Tanri Abeng, Tanri Abeng University, Lifetime Achievement untuk Manajemen & Pendidikan.

Tahun ini, beberapa pengembang properti yang meraih IPBA 2017 adalah Paramount Land dan Metropolitan Land Tbk. Adapun mereka yang mendapat penghargaan untuk kategori spesial dan material bangunan antara lain Trimitraland, PT. Trimitra Propertindo (The Best Newcomer Developer), ICE BSD City, Sinar Mas Land (The Best Choice For MICE Professional In Indonesia), dan banyak lagi. 

Yang menarik, tahun ini para peraih penghargaan untuk kategori kawasan dan kota baru adalah Jakarta Garden City, PT Modernland Realty Tbk, The Best Investment Township In Biggest Realland @ Jakarta), Citra Raya Tangerang, PT. Ciputra Residence, The Most Awarded Eco Friendly Township), Kota Baru Parahyangan, PT Belaputera Intiland (The Best Large Scale Township Development In West Java), dan lainnya.

Adapun khusus untuk dari para pemangku kebijakan, mereka yang meraih penghargaan adalah H Mochamad Anton, Walikota Malang, Jawa Timur (Kampung Wisata Kreatif), DR. Firdaus, Walikota Pekanbaru, Riau, Joko Yuhono Kajari Ketapang, Kalimantan Barat, (Pemda Inovatif & Mendukung Pembangunan Perumahan Rakyat), dan lain-lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com