Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembatas Jalan Berbahan PVC Ini Bisa Menyala dalam Gelap

Kompas.com - 09/11/2017, 11:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Inovasi terus dihadirkan dalam pengembangan infrastruktur, salah satunya berupa pembatas jalan. Seiring dengan majunya teknologi, bahan pembuatan pembatas jalan tak melulu dari besi atau baja.

Plastik PVC dipilih menjadi material alternatif pembuatan pembatas jalan. Caris Guardrail, sebuah perusahaan asal Korea Selatan memproduksi pembatas jalan berbahan plastik PVC tersebut.

Pembatas jalan berbahan plastik PVC ini diklaim lebih kuat dan awet ketimbang pembatas jalan konvensional yang berbahan besi atau baja.

"Kalau besi atau baja bisa berkarat dalam kurun waktu 10 tahun, apalagi kalau deket laut. Plastik PVC ini boleh dibilang bisa bertahan seumur hidup dan garansinya 30 tahun masih seperti hari pertama," kata Manajer Caris Guardrail Jimmy Tunggadjaja, dalam Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 di JCC, Rabu (8/11/2017).

Jimmy menerangkan, pembatas jalan dari plastik PVC ini juga bisa mengurangi dampak kecelakaan apabila terjadi benturan dengan kendaraan.

Pasalnya, plastik PVC yang digunakan mampu menyerap benturan akibat kecelakaan sehingga kerusakaan kendaraan bisa diminimalisasi.

"Damage-nya lebih kecil ini. Kalau besi mungkin mobilnya bisa terjun," imbuhnya.

Terkait harga, Jimmy mengatakan jauh lebih murah ketimbang besi atau baja. Menurutnya, harga besi atau baja yang kerap naik turun memungkinkan proyek jalan mangkrak, sedangkan pembatas jalan plastik PVC ini harganya lebih stabil.

Adapun pembatas jalan yang dijual Caris Guardrail seharga 120 dollar AS atau setara Rp 1,6 juta per empat meter termasuk tiang pondasinya.

"Satu bloknya itu kan empat meter nah kita jual dengan harga 120 dollar AS," ungkap Jimmy.

Pembatas jalan buatan Caris Guardrail ini sudah digunakan di beberapa kota di Korea Selatan, Eropa, dan Mongolia. Untuk di Indonesia, pihaknya masih menunggu proses rekomendasi dari kementerian terkait untuk masalah keamanannya.

Jimmy menambahkan, pembatas jalan berbahan plastik PVC ini glow in the dark atau dapat menyala ketika gelap.

"Ini kalau gelap bisa nyala, jadi saat ada lampu dia menyerap cahaya," tuntas Jimmy.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com