Unik, Ambulans Ini Jadi "Rumah" Doraemon - Kompas.com

Unik, Ambulans Ini Jadi "Rumah" Doraemon

Haris Prahara
Kompas.com - 03/11/2017, 11:00 WIB
Ambulans dengan dekorasi Doraemon di ThailandThe Nation Ambulans dengan dekorasi Doraemon di Thailand

KompasProperti – Banyak cara untuk menyelamatkan nyawa manusia. Tak hanya melalui cara medis, tetapi bisa juga dengan menguatkan mental sang pasien.

Hal tersebut tampaknya menjadi dasar bagi relawan sebuah lembaga nirlaba Peaw Yeang Tai Foundation di Thailand untuk membuat ambulans unik. Jauh dari kesan angker karena ambulans tersebut telah dipermak dengan dekorasi serba biru.

Ya, tak lain biru tersebut merupakan warna dominan dari kartun robot kucing asal Jepang, Doraemon. Seluruh bagian dari ambulans, mulai dari tempat duduk, ranjang pasien, hingga langit-langit didekorasi dengan kartun Doaremon.

Boneka Doraemon raksasa dengan tangan terangkat juga duduk manis di dalam ambulans.

Lantas, apa sebetulnya esensi yang ingin dicapai dengan “menyulap” ambulans dengan dandanan unik tersebut?

"Tujuan utamanya adalah menghilangkan rasa takut pasien atau penumpang di dalamnya,” ungkap sang relawan, Nirun Saengsinchai, seperti dikutip The Nation.

Menurut dia, masyarakat biasanya menganggap ambulans merupakan kendaraan khusus untuk orang yang telah tiada dan interiornya pun selalu menyeramkan.

Ambulans dengan dekorasi Doraemon di ThailandThe Nation Ambulans dengan dekorasi Doraemon di Thailand
“Ada juga yang percaya ambulans itu angker karena selalu ada hantu,” seloroh Nirun.

Karena itu, hadirnya dekorasi Doraemon tersebut diharapkan mampu menghilangkan stigma seram pada ambulans sekaligus meredakan rasa takut pasien.

“Saat tidak digunakan, ambulans ini banyak dipakai warga untuk selfie untuk kemudian diunggah ke media sosial,” pungkasnya.

PenulisHaris Prahara
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM