Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Sudah Dapat ISO, Kelakuan Harus Berubah

Kompas.com - 30/10/2017, 14:38 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat yang hendak mencari informasi pembiayaan rumah.

Terlebih, unit kerja tersebut baru saja mendapatkan sertifikasi ISO 9001 dari Badan Sertifikasi ACM Indonesia yang berakreditas dari The United Kingdom Accreditation Service (UKAS) di Inggris.

Sertifikat itu diberikan kepada Unit Kerja Direktur Operasi PPDPP. PPDPP sendiri diketahui merupakan unit organisasi non eselon yang bertanggung jawab kepada Menteri PUPR melalui koordinasi dengan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan.

"Jangan setelah dapat ISO, kelakuan podho (sama). Jadi iso-isoan opo isi (pura-pura bisa apa betul-betul bisa)? Itu yang penting. Jangan sampai dapat ISO terus selesai," kata Basuki di Pendopo Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Ia pun mengingatkan PPDPP tidak mudah berpuas diri atas prestasi yang telah dicapai. Menurut Basuki, tugas utama bagi PPDPP adalah memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Pelayanan itu meliputi pemberian informasi yang lebih transparan hingga atitude baik yang diberikan petugas saat melayani masyarakat.

"Jadi temen-temen harus hati-hati, supaya ISO ini tidak membebani manajemen. Dan apa yang kita lakukan itu bisa ditrace (lacak)," ujarnya.

Untuk diketahui, pada tahun ini PPDPP melalui Unit Kerja Direktur Operasi melakukan inisiasi untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sesuai standar internasional ISO 9001:2015.

Melalui implementasi ISO 9001:2015, unit kerja tersebut berkomitmen untuk menjadi unit kerja yang lebih profesional agar meningkatkan kualitas pelayanan, mampu mengidentifikasi resiko dan peluang dalam mencapai sasaran strategis, serta membuktikan bahwa SMM yang diterapkan memenuhi standar internasional.

Adapun ppemberian sertifikat ISO dilakukan di Pendopo Cipta Karya, Senin (30/10/2017). ISO 9001 yang diberikan kepada PPDPP merupakan sertifikasi versi terbaru yang dikeluarkan ACM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com