Sosok-sosok di Balik Keberhasilan Yokohama sebagai "Eco Model Cities" - Kompas.com

Sosok-sosok di Balik Keberhasilan Yokohama sebagai "Eco Model Cities"

Aris F Harvenda
Kompas.com - 28/10/2017, 11:25 WIB
Walikota Yokohama, Jepang, Hiroshi NakadaEBN-IISD Walikota Yokohama, Jepang, Hiroshi Nakada

YOKOHAMA, KompasProperti - Keberhasilan Yokohama sebagai salah satu kota di Jepang yang menerapkan Eco Model Cities (ECM), tak lepas dari kepiawaian pemimpin kota beserta jajaran pejabatnya.  

Adalah Hiroshi Nakada yang menjabat wali kota Yokohama sejak 2002. Walau usianya saat itu masih 38 tahun, Nakada berhasil unggul dari kandidat lain yang lebih tua dan berpengalaman di dunia politik.

Sebagai salah satu wali kota termuda di Jepang saat itu, Nakada-san berhasil membawa perubahan cukup signifikan, antara lain dengan G30 Plan.

Baca juga : Kota Ramah Lingkungan di Negara Penyumbang Emisi Terbesar

Kesuksesan Nakada-san memimpin Kota Yokohama juga dipengaruhi oleh kegigihannya menolak birokrasi yang panjang dan berbelit.

Baca juga : Yokohama Tekan Penggunaan Bahan Bakar Fosil dengan Angin

Kota Yokohama, JepangAFH Kota Yokohama, Jepang

Nakada-san dipercaya mengemban tugas selama 2 periode saat pemilihan 2006. Prestasi yang dicapai antara lain nominasi Global Leader of Tomorrow 2003 dan pada 2005 mendapat penghargaan Young Global Leader oleh World Economic Forum.

Mengundurkan diri

Nakada mengundurkan diri setahun sebelum masa jabatannya berakhir. Menurutnya, melaksanakan pilkada bersamaan dengan pemilu nasional akan menghemat keuangan pemerintah daerah secara signifikan.

Pengganti Nakada-san adalah Fumiko Hayashi, berusia 63 tahun (pada 2009) yang menjadi wali kota perempuan pertama di Jepang.

Fumiko Hayashi, Walikota Yokohama yang menggantikan Hiroshi NakadaENB-IISD Fumiko Hayashi, Walikota Yokohama yang menggantikan Hiroshi Nakada
Hayashi-san meneruskan apa yang telah dicanangkan pendahulunya dalam menjadikan Yokohama sebagai kota dengan lingkungan yang lebih baik. Antara lain
melakukan kerjasama dengan Toyota dalam proyek Hama Wing sejak 2015.

Belum lama ini pada bulan Agustus 2017, Fumiko Hayashi dilantik untuk ketiga kalinya menjabat sebagai wali kota Yokohama.

PenulisAris F Harvenda
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM