Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AccorHotels Tandatangani Kesepakatan Akuisisi Mantra Group Limited

Kompas.com - 27/10/2017, 16:50 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - AccorHotels menandatangani kesepakatan dengan Mantra Group Limited, yang bertujuan untuk mengakuisisi semua modal yang ditempatkan dengan skema pengaturan untuk disetujui oleh para pemegang saham Mantra.

Dalam perjanjian yang disepakati pada 12 Oktober lalu itu, harga saham yang ditawarkan sebesar 3,96 dollar Australia per lembar, termasuk setiap potensi deviden khusus.

Chairman and Chief Executive Officer AccorHotels Sébastien Bazin menilai, kesepakatan yang terjalin ini akan mendukung pertumbuhan jangka panjang AccorHotels di kawasan Asia Pasifik.

"Portofolio Mantra akan menawarkan format akomodasi tambahan bagi AccorHotels dan basis pelanggan yang kuat untuk melengkapi portofolio hotel kami yang telah sukses di Australia. Kami yakin bahwa persyaratan transaksi menarik bagi para pemegang saham dari kedua grup," kata Bazin dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Kamis (26/10/2017).

Sementara itu, menurut Chairman Mantra Peter Bush, tawaran yang diberikan AccorHotels cukup menarik. Oleh karena itu, para pemegang saham serta dewa menyetujui tawaran yang diajukan secara bulat.

"AccorHotels merupakan salah satu operator hotel terkemuka di dunia dan kami percaya bahwa bisnis kami akan dikelola dengan baik. Kekuatan Mantra dalam mengelola apartemen, khususnya, dan kehadiran kami di lokasi resor akan saling melengkapi jaringan AccorHotels di Australia dan Selandia Baru," kata dia.

Mantra adalah salah satu pemasar serta pengelola hotel dan resor terbesar di Australia dengan 127 properti dengan lebih dari 20.000 kamar hotel, resor dan serviced apartemen di seluruh Australia, Selandia Baru, Indonesia dan Hawai.

Properti dalam portofolio Mantra terdiri dari akomodasi mewah dan resor di pantai hingga serviced apartemen di tengah kota serta destinasi liburan utama, di bawah tiga merek utama: Peppers (28 properti), Mantra (75 properti) dan BreakFree (24 properti).

Mantra juga mengelola layanan-layanan terkait di bidang akomodasi termasuk penerima tamu dan area resepsionis, restoran dan bar, pusat konferensi dan ruang serba guna, kolam renang dan fasilitas hiburan dan kantor. Mantra memiliki lebih dari 5.500 karyawan.

Gabungan jaringan geografis AccorHotels dan Mantra, diperkuat dengan sistem distribusi yang disempurnakan, akan menjadi dasar yang menguntungkan yang memungkinkan AccorHotels untuk berkembang lebih jauh di wilayah ini.

Kekuatan Mantra dalam manajemen apartemen, khususnya, akan menawarkan kesempatan baru untuk pertumbuhan.

Penawaran harga akusisi meliputi premi 23 persen terhadap harga penutupan terakhir sebesar 3,23 dollar Australia pada tanggal 6 Oktober 2017, dan EBITDA EV/2018e tersirat (termasuk biaya transaksi) berlipat ganda 12,4x pra-sinergi dan satu digit post-sinergi yang tinggi.

Akuisisi ini akan menambah nilai terhadap laba bersih per saham pada tahun pertama kepemilikan pra-sinergi. AccorHotels akan membayar 1,3 miliar dollar Australia atau setara dengan 0,9 miliar Euro.

Selain itu, AccorHotels mengkonfirmasi sedang berdiskusi dengan calon investor sehubungan dengan penjualan sebagian Modal Saham AccorInvest.

AccorHotels menargetkan untuk menandatangani kesepakatan sebelum akhir tahun 2017. Pada saat ini, AccorHotels belum ada kepastian akan tercapainya kesepakatan.

Transaksi ini tunduk pada persetujuan peraturan, termasuk dari Badan Pemeriksa Investasi Asing Australia, Pengadilan Federal Australia dan Komisi Persaingan dan Konsumen Australia, serta persetujuan para pemegang saham Mantra dan kondisi umum lainnya.

Diantisipasi untuk tunduk pada persetujuan regulator dan para pemegang saham, transaksi tersebut harus selesai pada akhir kuartal pertama 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com