Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik 2018 Semarang-Solo Tersambung, Waktu Tempuh Hanya 1,5 Jam

Kompas.com - 25/09/2017, 14:59 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SALATIGA, KompasProperti - Pekerjaan konstruksi Tol-Semarang-Solo ditargetkan rampung pada 2018 mendatang, dan bisa digunakan para pemudik jelang Lebaran nanti.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan hal itu saat meninjau pekerjaan proyek Tol Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 mencakup Salatiga-Solo (Kartasura), di Salatiga, Senin  (25/9/2017).

"Ini kalau saya lihat Salatiga-Solo saja pembebasan tanahnya sudah 99,8 persen. Tahun 2018 bisa selesai dan difungsikan untuk mudik tahun depan," ujar Basuki.

Saat ini, pekerjaan fisiknya baru 27 persen dengan kondisi kemampuan membangun sepanjang 300 meter dan lebar 8 meter per hari, Basuki optimistis konstruksi selesai dalam 100 hari atau 3 bulan.

Kondisi aktual Jalan Tol Salatiga - Kartasuro, Senin (25/9/2017).Kompas.com / Hilda B Alexander Kondisi aktual Jalan Tol Salatiga - Kartasuro, Senin (25/9/2017).
Seiring dengan perkembangan tersebut, di lapangan terlihat para pekerja tengah melakukan pembersihan lahan, menggarap drainase dan struktur underpass.

"Saya ingin mudik nanti fungsional ke Solo sudah rigid, bukan  lagi jalan darurat," kata Basuki seraya menambahkan waktu tempuh perjalanan Semarang-Solo nantinya menjadi hanya 1,5 jam.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya David Wijayatno mengatakan, pekerjaan fisik terus dikebut dengan sistem kerja tiga shift.

"Targetnya harus operasional tahun depan, jadi konstruksi harus beres tahun ini," sebut David.

Ruas Salatiga-Kartasura sepanjang 32 kilometer merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo dengan total 72,64 kilometer. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengerjakannya adalah PT Solo Ngawi Jaya. 

 

 

 

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com