Cara Sederhana Bersihkan Talenan Kayu - Kompas.com

Cara Sederhana Bersihkan Talenan Kayu

Dani Prabowo
Kompas.com - 23/09/2017, 12:32 WIB
Talenan Talenan

KompasProperti - Talenan kayu sering kali digunakan sebagai alas untuk menyajikan makanan saat acara pesta terbuka. Sayuran atau buah potong yang disajikan pun akan terlihat lebih mewah dan chic pada saat bersamaan.

Namun, ketika talenan kayu mulai digunakan sebagai alas untuk memotong, khususnya daging atau ikan, warna aslinya pun mulai pudar dan terlihat kusam.

Berikut tips untuk mengembalikan warna talenan kayu, seperti dikutip dari Today:

1. Buat pasta pembersih sendiri

Anda dapat membersihkan papan kayu dengan menggunakan campuran pasta pembersih yang dapat dibuat sendiri. Bahan bakunya yaitu dengan mencampurkn baking soda, garam dapur, dan air masing-masing satu sendok makan.

Setelah bahan pasta dibuat, oleskan secara merata di atas papan yang hendak dibersihkan. Kemudian diamkan sejenak, setelah itu baru digosok sedikit demi sedikit pada kotorannya.

2. Metode garam dan lemon

Cara ini cukup mudah dan menghasilkan bau yang enak. Anda hanya membutuhkan lemon dan garam untuk membersihkannya.

Caranya, taburkan garam secara bebas di atas talenan. Setelah potong lemon menjadi dua bagian, gosok di atas permukaan talenan yang telah diberi garam. Setelah itu bilas dengan air.

3. Gunakan handuk kertas

Siapkan dua handuk kertas, sedikit cuka dan beberapa hidrogen peroksida. Basahi salah satu handuk kertas dengan menggunakan cuka, dan gunakan handuk kertas lainnya untuk membungkus hidrogen peroksida.

Gunakan handuk kertas yang telah dibasahi cuka untuk mengelap talenan. Setelah itu, gunakan handuk kertas lainnya untuk menyapu permukaan yang telah dilap dengan handuk kerta yang telah dibasahi cuka.

Mudah, cepat, dan sederhana bukan?

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM