Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Properti Indonesia Diprediksi Tinggal Landas

Kompas.com - 22/09/2017, 16:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tingkat penjualan apartemen yang terus merosot dalam tiga tahun terakhir menjadi indikasi belum pulihnya pasar properti Indonesia.

Menurut CEO Leads Property Indonesia Hendra Hartono, dari total kumulasi apartemen eksisting dan yang baru masuk pasar per Kuartal III-2017 sebanyak 234.425 unit, terserap 88,08 persen.

"Tingkat serapan ini menurun dibandingkan tahun lalu yang bisa mencapai 90 persen lebih," kata Hendra menjawab KompasProperti usai acara pengumuman nominasi PropertyGruru Indonesia Property Awards, di BEJ Tower, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Baca: Nama-nama Ini Masih Merajai Bisnis Properti Indonesia

Selain lemahnya penjualan, indikasi berikutnya adalah pasar kelas menengah yang masih tiarap, alias belum bergerak signifikan. 

Padahal, pasar properti Indonesia selama ini didorong oleh kelas menengah, dan menengah ke atas. Jika kedua kelas ini belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitan, maka secara umum pasar properti pun belum akan siuman.

Tak keliru jika Founder & Managing Director Asia Property Awards & Property Report Terry Blackburn menyebut Vietnam lebih seksi ketimbang Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan harga yang positif dan terus merangkak naik.

"Di antara dua negara ini, Vietnam lebih bagus," kata Terry.

Sementara kehadiran Meikarta, proyek yang digagas Lippo Group, dengan angka penjualan nomor urut pemesanan (NUP) 130.000 unit pun belum dianggap cukup dapat mengatrol pasar properti secara keseluruhan.

"Itu beda segmen ya. Untuk kelas bawah, karena harganya cuma Rp 120 jutaan. Lagi pula yang laku kan NUP, belum transaksi," tutur Hendra.

Baca: Menurut James Riady, Meikarta Terjual 130.000 Unit

Faktor selanjutnya yang membuat pasar properti Indonesia masih melandai adalah pertumbuhan harga yang terus terkoreksi.

Kendaraan melintas di samping proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Cibubur-Cawang di Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta, Kamis (10/8/2017). Pengerjaan proyek pembangunan LRT Jabodetabek yang meliputi tiga rute, yaitu  rute Cibubur-Cawang sepanjang 14,5 km telah mencapai 37 persen, rute Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,1 km telah mencapai 17 persen sementara rute Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 km baru mencapai tiga persen. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww/17.ANTARA FOTO/Aprillio Akbar Kendaraan melintas di samping proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Cibubur-Cawang di Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta, Kamis (10/8/2017). Pengerjaan proyek pembangunan LRT Jabodetabek yang meliputi tiga rute, yaitu rute Cibubur-Cawang sepanjang 14,5 km telah mencapai 37 persen, rute Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,1 km telah mencapai 17 persen sementara rute Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 km baru mencapai tiga persen. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww/17.
Hendra memaparkan, pada 2011-2014 pertumbuhan harga bisa sekitar 150 persen hingga 200 persen. Sementara sejak 2015 sampai saat ini terus melorot menjadi 50 persen, 40 persen, bahkan hanya 40 persen.

"Jadi, koreksi ini sebetulnya bagus ya. Lha wong empat-lima tahun lalu bisa ratusan persen naiknya," cetus Hendra.

Dia mencontohkan, pertumbuhan harga properti primer di central business district (CBD) Sudirman saat ini hanya 10-20 persen. Posisi terakhir adalah Rp 50 juta-Rp 70 juta per meter persegi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com