Raksasa Teknologi AS Ciptakan Jalan yang Bisa "Ngecas" - Kompas.com

Raksasa Teknologi AS Ciptakan Jalan yang Bisa "Ngecas"

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 19/09/2017, 14:06 WIB
Teknologi jalan yang bisa mengisi daya kendaraan dari QualcommQualcomm Teknologi jalan yang bisa mengisi daya kendaraan dari Qualcomm

KompasProperti - Kini telah hadir teknologi smart road yang dapat mengisi daya mobil saat Anda mengemudikannya. Teknologi ini siap digunakan pada 2030.

Raksasa teknologi Amerika Serikat Qualcomm melakukan investasi besar-besaran di industri mobil, terutama mobil listrik.

Untuk menyoroti komitmennya terhadap revolusi mobil listrik, dalam IAA 2017 Frankfurt, Qualcomm menampilkan DEVC, yaitu metode unik untuk mengisi daya mobil listrik saat dikendarai.

DEVC bekerja berdasarkan teknologi Qualcomm Halo Wireless Electric Vehicle Charging (WEVC) Qualcomm.

WEVC beroperasi dengan menggunakan bantalan kendaraan yang terpasang di bagian bawah mobil dan alas yang terpasang di atas, atau di lantai untuk mengisi daya kendaraan secara nirkabel.

Sementara DEVC adalah versi "dinamis" dari sistem ini, dan melibatkan embedding serangkaian bantalan cerdas di jalan untuk mengisi daya mobil saat berkendara. Setiap pad menggunakan "pantulan" untuk mengetahui apakah mobil melaju di atasnya.

Seorang insinyur senior di Qualcomm, Nicholas Keeling mengatakan teknologi ini memungkinkan untuk memberikan listrik pada kendaraan secara efisien, dengan bantalan hanya menjadi benar-benar aktif saat mereka berkendara.

Teknologi ini benar-benar ditunjukkan secara terbuka awal tahun ini, dengan pengisian dinamis yang berhasil bekerja di jalur tes 100 meter.

Jalur ini dibangun oleh Qualcomm dalam kemitraan dengan Vedecom di Versailles, Perancis.

Qualcomm berhasil memberikan kekuatan kepada dua kendaraan Renault Kangoo yang melaju di sepanjang jalur. Keduanya telah dilengkapi dengan charger pengisian daya nirkabel Qualcomm.

"Teknologi tersebut masih dalam fase konsep untuk saat ini. Namun kami dapat melihat teknologi tersebut di jalan sebenarnya dalam 10 sampai 15 tahun mendatang," kata Keeling.

Ia percaya, pertama-tama dunia akan melihat penggunaan semi-dinamis untuk teknologi pengisian daya di jalan, dengan pengisian di lokasi tertentu seperti pangkalan taksi.

Tapi, kelebihannya jelas; Keeling mengatakan, sistem pengisian dinamis sangat efisien untuk mendapatkan daya dari alas ke bantalan kendaraan sebagai standar, sistem pengisian statis.

Ada masalah yang jelas, dan itu membuat badan infrastruktur di kapal menyediakan sistem semacam itu.

Keeling mengatakan, walaupun sistem sebenarnya tidak terlalu mahal dalam hal bahan baku, biayanya cepat naik karena proses pemasangan bantalan di bawah permukaan jalan.

Meski demikian, akan sangat mungkin pengguna jalan dapat dikenakan biaya untuk menggunakan jalur pengisian, dengan sistem yang serupa dengan jalan tol saat ini.

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM