Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Tanah Tol Batang-Semarang Tersisa 3,45 Persen

Kompas.com - 04/09/2017, 18:00 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Pembebasan tanah untuk Jalan Tol Batang-Semarang, hingga per 31 Agustus 2017, masih sekitar 96,55 persen.

Dari data PT Jasamarga Batang-Semarang, pemegang konsesi jalan tol ini, pembebasan tanah untuk seksi 1 sudah mencapai 100 persen, seksi 2 (99.83 persen), seksi 3 (95,50 persen), seksi 4 ( 91.91 persen), dan seksi 5 (93.88 persen).

Menurut Humas PT Jasamarga Batang-Semarang, Iwan Abrianto, tidak ada kendala berarti dalam proses pembebasan tanah.

Namun demikian, pembebasan tanah untuk proyek jalan tol masih tersisa 3,45 persen. Hal ini karena ada tanah milik desa dan tanah wakaf yang proses ganti ruginya sedikit memakan waktu.

Pasalnya, pembebasan ini harus mendapat izin dari gubernur untuk tanah yang statusnya milik desa, dan kementerian agama untuk tanah wakaf.

“Ada juga milik warga yang saat ini, masih dalam proses konsinyasi,” tambah Iwan kepada KompasProperti, Senin (4/9/2017).

Iwan berharap, proses pembebasan tanah cepat selesai, sehingga mudik dan Lebaran tahun 2018 mendatang, Tol Batang-Semarang sudah bisa digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com