Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Prospektif di Kota Baru Meikarta

Kompas.com - 03/09/2017, 13:16 WIB
Kurniasih Budi

Penulis

KompasProperti - Banyak pilihan investasi yang bisa dipilih untuk meraup untung besar. Properti merupakan salah satu produk investasi yang terus diminati.

Nilai properti dari tahun ke tahun cenderung naik. Baik tanah, maupun bangunan terus diburu orang untuk investasi. Namun, Anda mesti cermat dalam menentukan properti mana yang patut dipilih agar tak salah langkah.

Meikarta adalah salah satu kota baru yang sedang tumbuh di poros Bekasi-Karawang, salah satu basis pertumbuhan industri nasional. Bedanya, Meikarta berada di posisi paling strategis karena dekat dengan kawasan industri Cikarang.

Lippo Group menawarkan 200 ribu unit untuk dibangun pada tahap pertama. Rencananya, penyerahan unit kepada pembeli dijadwalkan pada Desember 2018.     

Baca: James Riyadi: 8 Juta Orang Pekerja Tidak Punya Rumah

Saat ini, pembangunan Meikarta sedang berlangsung siang malam. Kota baru tersebut nantinya tak hanya berisi hunian. Area komersial serta pusat pendidikan dan pusat kesehatan berstandar internasional bisa dinikmati para penghuni kota baru itu nantinya. 

Meikarta memiliki kelebihan dibandingkan kawasan hunian modern yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Lippo berencana membangun sebuah gedung pameran dan konvensi berdaya tampung 200 ribu orang. 

Kota baru yang mengadopsi konsep tata kota New York itu telah memiliki ruang terbuka hijau. Central park seluas 100 hektar lengkap dengan jogging track bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi dan olahraga.

Presiden Direktur Meikarta Ketut Budi Wijaya mengatakan, tahap pertama kota baru Meikarta dibangun di lahan seluas 500 hektar.

"Kami akan kembangkan 3-5 tahun. Diharapkan, 3-5 tahun lagi Meikarta akan jadi kota mandiri dan orang sudah hidup, bekerja dan beraktivitas di sini," kata Ketut saat pelucuran Meikarta di Lippo Cikarang dalam Kompas.com, Kamis (17/8/2017).

Baca juga: Tahap Pertama Meikarta Bakal Dikembangkan 3-5 Tahun

Meikarta menyiapkan lahan untuk jalur monorail yang menghubungkan Meikarta dengan 8 kawasan industri di sekitarnya. 

Selain itu, mobilitas para penghuni Meikarta akan sangat terbantu dengan tersedianya light rapid transit (LRT) yang melayani Meikarta menuju Cawang.

Pembangunan jalan tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) bakal memangkas waktu tempuh Cikarang-Jakarta. Jalan tol Jakarta-Bandung dan Jakarta-Cirebon bisa diakses dengan mudah karena Meikarta terletak di tepi jalan tol Jakarta-Cikampek.

Para penghuni kota baru itu tak perlu ragu untuk menjalankan bisnis dari kawasan paling strategis di Jawa Barat. Padatnya arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok bakal segera teratasi dengan rampungnya pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang pada 2019. Keberadaan pelabuhan itu dipastikan meningkatkan efisiensi bisnis.

Pembangunan Terminal Penumpang Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat (13/2/2017)Achmad Fauzi Pembangunan Terminal Penumpang Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat (13/2/2017)

Tak hanya itu, bandara terdekat yang bisa diakses penghuni Meikarta adalah Bandara Kertajati di Majalengka yang merupakan bandara internasional.

Beragam fasilitas dan kemudahan yang ada di Meikarta menjadikan nilai investasi kota baru tersebut bakal terus meningkat di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com