Trik Mudah Membersihkan Wallpaper - Kompas.com

Trik Mudah Membersihkan Wallpaper

Dani Prabowo
Kompas.com - 14/08/2017, 08:30 WIB
Pisau kape yang digunakan untuk melepas wallpaper.elledecor Pisau kape yang digunakan untuk melepas wallpaper.

KompasProperti - Anda bosan dengan motif wallpaper yang menempel di dinding rumah dan ingin menggantinya?

Seringkali, mengganti wallpaper merupakan pekerjaan yang sulit bagi sebagian Anda. Namun, George Kovacs, salah ahli pemasangan wallpaper dari 78 and Sunny Wallpapering yang berbasis di New York, punya solusi cerdas untuk anda.

Dikutip dari Elledecor, setidaknya ada tiga cara simpel untuk melepas wallpaper kuno milik Anda:

1. Basahi Dulu

Sebagian dari Anda, mungkin dapat dengan mudah melepas wallpaper dengan menggunakan pisau "kape", tanpa menggunakan air. Misalnya, dengan mencari bagian ujung wallpaper, kemudian mengoresnya sedikit demi sedikit.

Namun, jika cara itu gagal, Anda harus membasahi dinding tersebut. Kovacs menyarankan, untuk menggunakan semprotan yang telah diisi air hangat.

Cara itu cukup ampuh untuk memisahkan wallpaper dari dinding.

Bila wallpaper masih bandel menempel di dinding, memakai mesin uap dapat menjadi solusi lain. Namun sebelumnya, pastikan lantai telah dialasi plastik atau kain, agar saat Anda menguapi tidak membasahi lantai.

2. Kikis

Setelah air meresap ke wallpaper, langkah berikutnya yaitu mengikis permukaan sedikit demi sedikit. Gunakan pisau "kape" untuk mengikis secara perlahan, baik itu ke kiri, ke kanan, ke atas maupun ke bawah. Carilah kikisan yang menurut Anda paling mudah.

Bila cara tersebut masih sulit, mungkin Anda perlu menyemprot ulang wallpaper itu beberapa kali. Berhati-hatilah saat menggores dinding bawahnya, karena itu akan menimbulkan masalah lain nantinya.

Jika Anda menemukan lapisan wallpaper lainnya, selesaikan terlebih dahulu lapisan pertama baru kemudian beralih ke lapisan kedua. Anda hanya bisa melepaskan lapisan satu per satu, tanpa menyebabkan kerusakan.

Bersihkan sisa lem dengan spons beberapa kali.elledecor Bersihkan sisa lem dengan spons beberapa kali.

3. Cuci

Setelah seluruh wallpaper lepas, kini saatnya mencuci dinding Anda untuk menghilangkan sisa perekat yang masih menempel. Kovacs merekomendasikan, untuk menggunakan spons yang telah dibasahi air dan membilas dinding beberapa kali.

Ini merupakan langkah terpenting dari seluruh proses pembersihan wallpaper.

"Tidak masalah seberapa bagus Anda melepas wallpaper itu, jika Anda tidak membersihkan sisa perekat yang masih menempel, Anda akan mengalami masalah besar saat kembali memasang wallpaper," kata Kovacs.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X