Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Index Living Mall Gandeng Pemasok Lokal

Kompas.com - 13/08/2017, 16:31 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tak sekedar membuka gerai di Indonesia, peritel asal Thailand, Index Living Mall (ILM) bakal menggandeng produsen furnitur dan perabotan dalam negeri di gerai ILM.

ILM diketahui baru berkolaborasi dengan Transmart Carrefour untuk meluaskan pasar mereka di Indonesia. Gerai pertama pun telah dibuka di Transmart Carrefour Cempaka Putih sebagai langkah awal.

"Kalau hari ini, local partner yang baru dimulai itu barulah dari segi pasokannya saja. Jadi belum terlalu banyak," kata President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia Shafie Shamsuddin di Transmart Carrefour Cempaka Putih, Jumat (11/8/2017).

Saat ini, gerai ILM telah tersebar di lebih dari 100 negara, mulai dari benua Amerika hingga Afrika.

Pada setiap pembukaan gerai baru, ILM menggandeng produsen lokal untuk kemudian hasil produksi mereka dipasarkan kembali ke luar negeri.

Shafie berharap, agar pengalaman ILM dalam menghadirkan produk furnitur dan perabotan berkualitas dapat dibagikan ke produsen lokal. Tak hanya sekadar meningkatkan kemampuan, tetapi juga nilai produksi.

"Jadi kalau mau impor, kita juga harus bisa ekspor," kata dia.

Sejauh ini, peluang yang diberikan ILM bagi produsen lokal untuk dapat memajang hasil produksi di gerai mereka mencapai 50 persen.

Namun, hingga kini baru sebatas supplier yang masuk untuk memasok barang produksi dalam negeri.

Setidaknya, ada enam syarat yang harus dipenuhi produsen dalam negeri bila ingin bergabung dengan ILM.

Pertama, memiliki pengalaman yang cukup dalam produksi. Selain itu, kualitas, desain serta harga yang ditawarkan pun dapat bersaing.

"Selanjutnya impression dan best offer dari masing-masing produk," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com