Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2017, 06:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KompasProperti - Direktur Operasional dan Teknik PT Trans Marga Jateng (TMJ), Ali Zainal Abidin berharap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Tol Bawen-Salatiga yang telah dinobatkan sebagai jalan tol terindah di Indonesia.

"Mudah-mudahan pak Presiden kalau bisa, tapi sampai hari ini kepastianya siapa kita belum tahu. Kami juga dengar katanya mau digabung dengan (peresmian) yang di Jawa Timur," kata Ali di sela acara "Temu Pelanggan 2017" PT Trans Marga Jateng (TMJ) dan PT Jasa Marga di kompleks Rest Area KM 22, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (10/8/2017) siang.

Ali mengungkapkan, saat ini TMJ masih melakukan penyempurnaan fisik menyusul hasil uji kelaikan oleh tim pelaksana pada tanggal 8 dan 9 Agustus lalu.

Tim pelaksana tersebut terdiri dari BPJT, Korlantas Polri, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Hasilnya PT TMJ diberikan waktu dua pekan untuk melakukan beberapa perbaikan atas kekurangan yang ditemukan oleh tim di lapangan.

Namun secara umum, dalam uji kelaikan ruas Tol Bawen-Salatiga ini tak ada kendala yang berarti atau signifikan terhadap konstruksi jalan tol sepanjang 17.6 kilometer ini.

"Misalkan guardril-nya kurang panjang, kebanyakan masalah keselamatan, rambu-rambu atau marka yang harus kami sempurnakan. Mudah-mudahan pada akhir bulan paling lama sudah dioperasikan," ujar Ali.

Melihat kondisi ini Ali optimistis operasionalisasi Tol Bawen-Salatiga paling cepat baru bisa dilaksanakan akhir Agustus ini. Selain penyempurnaan beberapa temuan dari tim uji kelaikan, TMJ juga harus menunggu persetujuan mengenai penetapan tarif tol.

"Tarif juga kami diskusikan dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Nanti dari BPJT baru ke pak Menteri PUPR untuk keluar Kepmen tarifnya," tuntasnya.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com