TMJ Harapkan Presiden Jokowi Resmikan Tol Bawen-Salatiga - Kompas.com

TMJ Harapkan Presiden Jokowi Resmikan Tol Bawen-Salatiga

Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Kompas.com - 11/08/2017, 06:00 WIB
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZES Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

UNGARAN, KompasProperti - Direktur Operasional dan Teknik PT Trans Marga Jateng (TMJ), Ali Zainal Abidin berharap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Tol Bawen-Salatiga yang telah dinobatkan sebagai jalan tol terindah di Indonesia.

"Mudah-mudahan pak Presiden kalau bisa, tapi sampai hari ini kepastianya siapa kita belum tahu. Kami juga dengar katanya mau digabung dengan (peresmian) yang di Jawa Timur," kata Ali di sela acara "Temu Pelanggan 2017" PT Trans Marga Jateng (TMJ) dan PT Jasa Marga di kompleks Rest Area KM 22, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (10/8/2017) siang.

Ali mengungkapkan, saat ini TMJ masih melakukan penyempurnaan fisik menyusul hasil uji kelaikan oleh tim pelaksana pada tanggal 8 dan 9 Agustus lalu.

Tim pelaksana tersebut terdiri dari BPJT, Korlantas Polri, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Hasilnya PT TMJ diberikan waktu dua pekan untuk melakukan beberapa perbaikan atas kekurangan yang ditemukan oleh tim di lapangan.

Namun secara umum, dalam uji kelaikan ruas Tol Bawen-Salatiga ini tak ada kendala yang berarti atau signifikan terhadap konstruksi jalan tol sepanjang 17.6 kilometer ini.

"Misalkan guardril-nya kurang panjang, kebanyakan masalah keselamatan, rambu-rambu atau marka yang harus kami sempurnakan. Mudah-mudahan pada akhir bulan paling lama sudah dioperasikan," ujar Ali.

Melihat kondisi ini Ali optimistis operasionalisasi Tol Bawen-Salatiga paling cepat baru bisa dilaksanakan akhir Agustus ini. Selain penyempurnaan beberapa temuan dari tim uji kelaikan, TMJ juga harus menunggu persetujuan mengenai penetapan tarif tol.

"Tarif juga kami diskusikan dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Nanti dari BPJT baru ke pak Menteri PUPR untuk keluar Kepmen tarifnya," tuntasnya.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

 

PenulisKontributor Ungaran, Syahrul Munir
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM